Usaha online terpopuler

By | October 3, 2017

Memanen pundi-pundi uang dengan mudah bukan hal yang mustahil lagi. Semenjak internet dikenal masyarakat luas, banyak hal yang terjadi di luar dugaan. Usaha nyata yang ber transformasi menjadi usaha online, hingga usaha online yang dianggap mustahil pun terjadi.

Saat ini banyak variasi usaha online yang berkermbang pesat di dunia maya. Dari sekian banyaknya, berikut jenis usaha online yang paling poluler di internet:

  • Reseller dan Dropshipper

Usaha online ini merupakan variasi dari usaha nyata yang paling jelas. Kegiatan nya tidak jauh berbeda dari yang ada di dunia nyata, masih seputar jual beli. Hanya konsep nya saja yang berbeda. Reseller dan dropshipper dilakukan secara virtual.

Banyak yang menganggap reseller dan dropshipper itu sama. Namun ternyata keduanya berbeda.

 

  • Reseller

 

Dari suku kata nya saja sudah dapat di tebak. Re = kembali. Seller = menjual. Jadi Reseller adalah seseorang yang menjual kembali barang yang telah dibeli dari seller. Seorang reseller harus memiliki modal untuk membeli barang dari seller guna dijual kepada buyer atau konsumen.

 

  • Dropshipper

 

Tidak jauh berbeda dengan reseller yang menjual barang dari seller. Hanya saja dropshipper merupakan perantara penjual kepada pembeli sehingga tugas dari seorang dropshipper hanya menginformasikan barang yang hendak dijual. Berbeda dengan seller, dropshipper tidak menanggung kerugian atas cacat nya kondisi barang yang dikirim ke buyer. Karena dropshipper tidak melakukan kontak langsung dengan barang.

  • Blogging

Tidak seperti Reseller dan Dropshipper, usaha online ini terbilang baru bagi masyarakat kalangan bawah. Blogging merupakan aktivitas mengelola sebuah situs informasi virtual supaya menarik dan nyaman untuk dibaca. Blogging bisa disebut usaha online tanpa modal karena bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah blog sudah ada di internet. Tinggal mengembangkan ide dan kreatifitas sehingga blog bisa unik dan beda dari yang lain. Lalu bagaimana blog dapat menghasilkan uang?. Sumber utama penghasilan blog adalah iklan. Namun supaya blog mendapatkan iklan, seorang blogger terlebih dahulu harus membuat konten yang menarik sehingga jumlah pembaca blog meningkat. jika pembaca blog meningkat maka peluang iklan dilihat dan di “klik”oleh pengunjung semakin besar. Dari tayangan dan klik iklan tersebut, tercipta lah pundi – pundi uang.

  • Youtube

Usaha online yang satu ini paling populer dari kedua usaha online diatas. Orang yang menjalankan usaha ini disebut sebagai Youtuber. Tidak jauh berbeda dari kegiatan Blogging, para Youtuber membuat konten untuk di upload dan di Share di dunia maya. Bedanya, konten yang dibuat Youtuber Berupa video, bukan tulisan atau artikel. Penghasilan utama dari youtube adalah iklan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *