Menghasilkan Uang Dari Youtube Dan Perhitungan Adsense

By | October 5, 2017

Siapa yang tidak mengenal youtube?. Raksasa website yang satu ini sukses menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Melalui Video Blog atau yang biasa disebut Vlog, semua orang berbagi cerita, pengalaman dan kebahagiaan dalam hidupnya. Banyaknya pengguna youtube membuat website ini populer serta menjadi website dangan Traffic tertinggi ke dua setelah Google.

Tingginya angka pengunjung situs youtube serta kepopulerannya yang luar biasa, tidak disia – siakan oleh para pembisnis online. Youtube seakan menjadi ladang yang sangat subur bagi pertumbuhan bisnis online. Para pengguna youtube atau yang sering biasa disebut youtuber berlomba – lomba mengolah konten seunik mungkin guna menarik perhatian dan mendatangkan banyak viewers.

Lalu bagaimana youtube dapat menghasilkan uang? Apa hubunganya viewers dengan uang? Bukanya viewers hanya menonton saja tanpa membayar sepeserpun? Berikut cara youtuber menghasilkan uang:

Menjadi Penayang Iklan

Jika anda menonton video di youtube, pasti anda melihat banner persegi panjang yang ada di bagian bawah video. Ya, iklan itulah yang menjadi sumber penghasilan para youtuber. Pihak yang menyediakan fasilitas ini adalah Google adsense. Ada dua jenis iklan yang disediakan Google adsense.

  • Iklan Banner

Iklan jenis ini hanya memuat gambar yang biasanya muncul di bagian bawah video. Namun ada juga ikan banner yang muncul di bagian atas dan sisi. Tergantung si pemilik channel mengatur tata letak iklan nya. Ikan ini dapat di close jika dirasa mengganggu atau menghalangi video.

  • Iklan Video

Cara kedua menghasilkan uang dari youtube adalah melalui iklan video. Iklan ini bejenis video yang diputar otomatis di bagian awal maupun di bagian tengah video. Iklan ini akan tayang selama 5 detik. Namun ada juga yang tayang hingga 30 detik. Tetapi dapat di skip di detik yang ke lima.

Dalam membayar publiser nya, google adsense memberlakukan beberapa sistem. Diantaranya:

  • CPC (Biaya Per Klik)

CPC Singkatan dari (Cost Per Click) Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan.

Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.

  • CTR (Click Through Rate)

Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%

  • CPM (Cost per Mille)

Dalam istilah indonesia biasa di sebut  BPS (Biaya per Seribu),jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.

  • RPM (Revenue Per Thoushand Impression)

Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri golongkan dalam 3 hal, seperti yang di bawah ini.

    • RPM Kueri

Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.

RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000

Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.

    • RPM Halaman

Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

Itulah cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Dan Perhitungan Adsense. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *