Ciri-Ciri Situs Aman Untuk Bertransaksi Online

By | October 24, 2017

Hidup manusia modern dimudahkan oleh internet. Hampir seluruh kegiatan penting dapat dilakukan dengan cara online termasuk berbelanja.

Berbanding lurus dengan naiknya kemudahan hidup, resiko yang akan diterima pun juga turut ikut naik. Jika tidak berhati hati dalam bertransaksi online, uang yang Anda gunakan untuk bertransaksi online akan lenyap begitu saja. Itu hanya resiko paling minim.

Resiko yang lebih besar sedang mengintai Anda jika dalam bertransaksi online Anda kurang berhati hati. Resiko lain yang kemungkinan Anda akan alami seperti kebocoran kartu kredit, bahkan yang lebih parah adalah terbongkarnya identitas Anda di internet jika kurang berhati hati dalam bertransaksi.

Maka dari itu, sangat disarankan agar anda mengetahui ciri ciri situs aman untuk bertransaksi online. Ciri ciri situs aman untuk bertransaksi online diantaranya.

  • Website menggunakan sertifikat SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Salah satu ciri website yang telah menggunakan sertifikat SSL adalah sambungan yang tercipta saat mengunjungi website tersebut menjadi sambungan HTTPS.

  • Contact website yang jelas.

Ciri situs aman yang kedua adalah menu contact yang jelas. Misalkan perusahaan mana yang menaungi website tersebut, dimana alamatnya, tersedia E-mail, nomor telepon atau apapun itu untuk menghubungi pihak website.

Untuk situs berupa blog atau website yang hanya menyediakan informasi atau anda tidak melakukan transaksi uang, tidak ada menu contact website bukanlah masalah penting bagi Anda.

Namun jika website yang Anda kunjungi merupakan website yang hendak anda gunakan untuk bertransaksi uang seperti melakuan kegiatan belanja atau pembayaran sesuatu, dan website tersebut tidak memiliki contact yang jelas, maka Anda perlu berhati hati.

Itulah ciri ciri situs aman untuk bertransaksi online. Pastikan saat bertransaksi online, website yang Anda gunakan untuk bertransaksi terdapat dua komponen tersebut yaitu sertifikat SSL dan Contact website yang jelas. Supaya Anda aman dan terlindungi.

Bukan hanya masalah penipuan uang yang berbahaya. Ada hal yang lebih berbahaya jika Anda bertransaksi di situs yang tidak aman seperti kebocoran kartu kredit yang Anda gunakan untuk bertransaksi online atau yang lebih berbahaya kebocoran informasi kartu kredit sehingga privasi Anda terancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *