Kiat Kiat Sukses Di Bidang Pemasaran

By | October 26, 2017

Pemasaran merupakan salah satu kunci utama keberhasilan suatu bisnis. Tanpa pemasaran, jarang sekali perusahaan dapat berkembang bahkan bertahan lama di dunia bisnis.

Namun sebaliknya, jika strategi pemasaran yang diterapkan di suatu perusahaan sangat canggih, seburuk apapun produk yang dihasilkan suatu industri, produk tersebut akan tetap laku di pasaran.

Maka dari itu, sangat penting Anda mempelajari kiat kiat sukses di bidang pemasaran supaya Anda mampu menaikan penjualan dari produk yang Anda miliki. Jika tidak memiliki produk pun, anda tetap perlu mempelajari pemasaran sebagai skill tambahan supaya ada nilai lebih dari Anda ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Lalu apa sajakah kiat kiat sukses dibidang pemasaran? Berikut tips supaya sukses di bidang pemasaran.

  • Kenali produk yang hendak Anda pasarkan

Hal ini sangat penting sebagai langkah awal sukses di bidang pemasaran. Anda perlu mengenal detail detail dari produk Anda sebelum dipromosikan ke pasaran. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk antisipasi saat konsumen yang anda hadapi mempertanyakan sesuatu dari produk yang sedang Anda pasarkan.

Selain itu, mengenali produk yang hendak Anda pasarkan sangat penting supaya Anda dapat meyakinkan calon konsumen supaya mempercayai dan memilih produk anda.

  • Target market yang tepat

Setelah mengenali produk yang hendak anda pasarkan, Analisa target market yang tepat. Artinya, pahami kelompok masyarakat mana saja yang kira kira membutuhkan produk Anda. Misalkan, jika anda memasarkan produk produk pertanian, maka target pemasaran yang harus anda bidik adalah kelompok tani, para petani, atau jika Anda memiliki produk pertanian skala besar, maka Anda dapat menargetkan kementrian pertanian sebagai target pasar Anda supaya dapat mengikuti tender atau lelang kontrak bisnis.

  • Jangan menjual produk, tapi jualah pelayanan

Satu hal yang menjadi perbedaan antara marketing yang tidak memperlajari pemasaran dengan yang mempelajari pemasaran adalah mengenai cara menjual produk.

Marketer yang tidak mempelajari ilmu pemasaran hanya akan menjelaskan kelebihan dari produknya dan keunggulan produknya dari produk lain yang ia pasarkan.

Berbeda dengan marketer yang mempelajari ilmu pemasaran. Dia akan memfokuskan dirinya pada pelayanan terbaik pada konsumen seperti keramahan dan sopan santun. Dia akan membuat nyaman calon konsumenya terlebih dahulu. Setelah dirasa calon konsumenya terlihat nyaman dengan dia, dia tidak akan menjual produk secara langsung, tapi dia akan meyakinkan bahwa konsumenya sangat membutuhkan produk yang sedang dia tawarkan.

  • Jualan produk dengan layanan penuh

Tidak sedikit para penjual yang melepaskan tanggung jawab begitu saja setelah berhasil menjual produknya. Padahal hal itu sama sekali salah.

Anda harus memberikan full service jika berhasil menjual suatu produk seperti pertanyaan penggunaan produk, perbaikan jika ada kendala, dan lain lain.

Hal itu bertujuan untuk membangun relasi dan kepercayaan dengan konsumen supaya konsumen percaya dengan apa yang kita jual dan tidak sungkan memilih produk lain yang kita jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *