Produk Google Untuk Membuat Website dan Blog Gratis 2017

By | November 2, 2017

Saat ini membuat website tidak sesulit dulu sebelum informasi berkembang pesat. Jika dulu seseorang ingin membuat website, maka orang tersebut harus benar benar mengerti ilmu script yang bersangkutan dengan pembuatan website seperti Bahasa PHP dan HTML.

Saat ini membuat website atau blog sangatlah mudah, bahkan oleh seseorang yang tidak mengerti ilmu script sekalipun. Banyak sekali platform atau situs yang menyediakan pembuatan website bahkan secara gratis yang tersebar di internet. Platform atau situs tersebut diantaranya :

  • Blogger

Sesuai namanya, situs ini ditujukan untuk membuat personal blog. Namun karena mark up dan desainya dapat dirubah sesuai keinginan, maka tidak sedikit yang menggunakan Blogger untuk membuat website pribadi.

Keunggulan dari platform besutan google ini adalah :

    • seluruh fitur yang disediakan dapat diakses secara gratis.
    • Hosting yang disediakan bersifat unlimited dan bebas biaya.
    • Dapat digunakan dengan atau tanpa top level domain
    • Templatenya dapat diatur sesuka hati.

 

  • Server jarang bahkan tidak pernah mengalami down.

 

Kekurangan dari platform blogger hanya satu, pihak blogger dapat menutup situs yang terdaftar

Di blogger jika blog atau website tersebut terbukti melanggar peraturan. Dan parahnya, karena hosting yang disediakan secara gratis dari pihak blogger, jika blog atau website di banned, maka seluruh data yang tersimpan dalam website atau blog tersebut ikut ter banned dan tidak dapat diakses sebelum anda membuktikan bahwa anda tidak bersalah melalui pengajuan banding.

  • Google Sites

Google sites merupakan fitur dari perusahaan raksasa google yang difungsikan khusus untuk membuat website.

Seperti mayoritas fitur google lainya, google disediakan oleh google secara gratis. Namun bila anda ingin menggunakan website yang dibuat di google sites dengan domain top level domain, maka anda harus membeli domainnya sendiri dan menghubungkan dengan website yang anda buat di google sites.

Google sites sangat cocok digunakan untuk membuat website company profile dan portofolio perusahaan. Jika anda bermaksud membuat website dangan postingan rutin, sangat tidak merekomendasikan penggunaan google sites fitur google sites tidak didesain untuk postingan rutin.

  • Google cloud

Google cloud merupakan layanan hosting gratis dari google yang dapat diintegrasikan ke banyak platform cms seperti wordpress, jomlaa, dan lain lain.

Namun sayangnya, tidak seperti produk google lain yang menyediakan layanan gratis sampai kapanpun, google cloud hanya menyediakan layanan gratisnya hanya di masa trial saja, jika masa trial sudah habis, maka anda diwajibakan membayar tagihan bulanan atas pemakaian google cloud.

Itulah produk dari google untuk membuat website. Sebenarnya masih ada lagi layanan dari google untuk membuat website seperti google domain. Namun untuk mendapatkan layanan tersebut, pengguna diwajibkan membayar biayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *