Tips Memulai Usaha Toko Online yang Kekinian

By | November 13, 2017

Usaha online memang sangat diminati oleh masyarakat sekarang ini. Dimana ada pilihan yang ada yaitu dengan membuat toko secara online untuk mencari pelanggan tetapi Anda juga mempunyai toko offline yang telah mapan. Akan tetapi banyak juga yang hanya mengandalkan dan membuat toko online saja tanpa mempunyai toko offline. Toko jenis kedua ini memang menjadi pilihan banyak masyarakat karena mempunyai banyak keuntungan yang akan diperoleh. Dari segi modal yang lebih sedikit akan tetapi keuntungan yang bisa didapatkan lebih banyak. Akan tetapi tentunya usaha online ini juga tidak mudah karena selain banyaknya saingan Anda juga harus mengetahui beberapa cara untuk memulai usaha membuat toko secara online ini yang akan berhasil. Dimana beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat toko yang akan laku dan berhasil adalah sebagai berikut.

Baca juga: Kelebihan Toko Online yang Tidak Dimiliki Toko Offline

  • Pilih barang yang akan dijual

Tips pertama untuk memulai usaha tentu harus memikirkan produk barang atau jasa yang akan ditawarkan oleh toko tersebut. Hal tersebut juga sama apabila Anda akan memulai toko secara online ini. Dimana pemikiran pertama adalah memilih produk yang akan ditawarkan untuk pembeli bisa dari barang preloved yang Anda miliki, kosmetik, keperluan rumah tangga, pakaian, alat elektronik atau alat lainnya. Pilihlah produk yang kiranya dicari dan diminati oleh masyarakat sehingga mempunyai pasar sendiri nantinya.

  • Pilih media penjualan

Tips selanjutnya adalah dengan memilih media untuk membuat toko online tersebut. Ada banyak media yang bisa dipilih dari misalnya Anda bisa memilih sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat. Atau juga bisa untuk membuat toko di situs jual beli online yang kedua media baik itu situs belanja online atau media sosial akan menawarkan kemudahan untuk membuat toko dan juga tidak dipungut biaya sama sekali. Atau Anda juga bisa membuat website sendiri sehingga baik di blog atau website dengan domain yang berbayar.

  • Cara penjualan yang dilakukan

Kerjasama memang merupakan hal yang bisa Anda lakukan untuk lebih sukses ketika berjualan secara online ini. Untuk menghemat modal yang akan dikeluarkan, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper sehingga tidak perlu untuk pusing memikirkan barang. Karena barang yang dijual akan didapatkan dari reseller. Atau untuk mengembangkan produk Anda, tawarkan juga beberapa orang untuk menjadi reseller Anda.

  • Dapatkan kepercayaan pelanggan

Dan hal terakhir yang harus diperhatikan adalah dengan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Agar nantinya mereka akan kembali datang membeli di toko online Anda atau juga merekomendasikan toko Anda ke teman atau saudaranya. Walaupun berjualan online yang tidak bertatap muka, sudah seharusnya Anda menjelaskan produk dengan benar dan juga menjaga mutu barang yang ditawarkan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *