Tips Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Online dengan Mudah

By | November 16, 2017

Pemasaran online atau online marketing terdiri dari saluran digital (yaitu situs web, email, spanduk, saluran sosial, video, dll.) Yang digunakan bisnis untuk menarik dan menangkap pelanggan dan prospek. Sedangkan marketing tradisional berfokus pada menjangkau khalayak mainstream besar menggunakan alat seperti radio dan televisi, pemasar online berkonsentrasi untuk menjangkau khalayak yang cerdik melalui digital interface. Dengan kemunculan media sosial, online marketing semakin interaktif. Berikut tips untuk mengoptimalkan strategi marketing online Anda: 

  • Kenali Pemirsa Anda.

Ini adalah langkah pertama dan terpenting. Anda harus tahu apa kepentingan pelanggan Anda dan apa kemungkinan besar mereka mengetik ke mesin pencari (Google, Yahoo, dan sebagainya) saat mencari jenis layanan yang Anda tawarkan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menargetkan strategi pemasarannya Anda secara langsung kepada orang-orang yang bersedia melakukan pembelian, mendaftar atau menghubungi Anda secara langsung. Ada berbagai alat online yang dapat membantu membuat strategi pemasarannya Anda lebih efektif, dan memanfaatkan alat seperti SEO akan membantu Anda mengetahui apa yang pelanggan bereaksi paling positif. Lakukan penelitian Anda dan temukan alat terbaik untuk bisnis Anda. 

  • Dimana anda bisa mencapai pelanggan anda?

Dengan media sosial yang semakin populer, cepat menjadi tempat yang tepat untuk mencari pelanggan. Namun dalam usaha mengoptimalkan pemasaran online, Anda tidak bisa hanya berpegang pada satu platform media/jejaring sosial saja. Dan untuk keterlibatan maksimal, Anda harus hadir di beberapa platform. Bergantung pada produk atau layanan yang Anda tawarkan, Anda dapat memilih platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

  • Bangun basis pelanggan yang loyal.

Setiap kali pengguna baru mengunjungi situs Anda, Anda dapat menawarkan kemungkinan untuk menambahkannya ke milis Anda. Ini adalah cara yang baik untuk memberi tahu orang tentang produk baru, penjualan yang akan datang, atau berita apa pun yang dipublikasikan di situs web Anda. Sebuah milis bagus untuk menciptakan basis pelanggan setia yang solid. Meningkatkan jumlah orang yang mempercayai produk atau layanan Anda sangat penting bagi bisnis Anda, dan pemasarannya email adalah cara terbaik untuk melakukannya. 

  • Buat Konten Mutu.

Membuat blog untuk situs web Anda akan membuatnya lebih baik dalam pencarian online dan secara pasif meningkatkan arus lalu lintas ke situs web Anda. Tentu ini sangat dibutuhkan dalam menjaga stabilitas pemasaran online Anda. Membuat konten juga sangat penting untuk mengembangkan SEO. Anda ingin membuat struktur tautan internal yang kuat yang akan menjaga minat pengguna dan menawarkan banyak konten untuk mereka. Penting juga agar Anda membuat konten baru secara teratur, karena ini akan membuat pengunjung tetap terlibat dan menunjukkan mesin telusur bahwa situs web Anda masih hidup dan terus di perbarui dengan informasi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *