Sukses Jualan Online dengan Media Sosial Instagram

By | November 20, 2017

Berbagai jejaring sosial bermunculan beberapa tahun belakangan ini dan menjadi lebih dari sekedar platform untuk berinteraksi dengan orang-orang di luar sana maupun berbagi foto, pengalaman, cerita dan harapan Anda. Kini media sosial telah menjelma menjadi salah satu sarana mudah untuk berjualan online, memasarkan produk barang dan jasa dalam rangka memperluas target pemasaran sekaligus meningkatkan penjualan. Salah satu platform media sosial yang saat ini sedang digemari oleh berbagai kalangan, khususnya anak-anak muda ialah Instagram. Anda pun bisa memperoleh keuntungan dan keberhasilan dalam usaha jualan online di Instagram dengan sejumlah tips:

Baca juga: Tips Jualan Online Agar Selalu Banyak Pelanggan

  • Kembangkan tampilan ciri khas.

Karena Instagram hanya berupa platform untuk berbagi video dan foto, maka sebelum memulai posting, pikirkan bagaimana Anda ingin memposisikan produk Anda di halaman Anda. Penempatan produk yang tepat adalah kunci untuk mendorong penjualan dan keterlibatan Instagram. Memberikan tampilan laman Instagram Anda dengan foto-foto yang berciri khas akan membuatnya tampak lebih menarik dan mudah dikenal orang. Selain itu, semakin baik foto yang Anda unggah, maka akan semakin banyak ‘love’ yang Anda dapatkan dari pengguna Instagram lainnya.

  • Berikan deskripsi produk sesuatu yang ekstra.

Meskipun penting untuk menjadi jelas tentang komoditi jualan online Anda saat ini, Anda juga perlu menarik perhatian dan minat pelanggan yang mungkin dengan deskripsi Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menambahkan beberapa emoji yang relevan. Ini dapat membantu mencegah tindakan plagiat. Gunakan emoji untuk merinci produk Anda beserta bagaimana cara membelinya. Di sini, emoji membantu menegaskan atau mendukung apa yang menjadi deskripsi produk Anda.

  • Promosikan visibilitas produk dalam mencari dengan hashtag.

Hashtag banyak berhubungan dengan bagaimana produk Anda dapat ditemukan di search feed Instagram. Anda dapat menggunakan fitur Instagram’s Search and Explore untuk melihat hashtag teratas untuk demografis dan vertikal Anda, lalu gunakan tiga sampai lima di antaranya dalam kampanye penjualan sosial produk Anda. Temukan hashtag yang paling relevan dengan menggunakan Search and Explore di Instagram. Jangan lupa untuk membuat dan menggunakan hashtag bermerek Anda sendiri juga. Lakukan pencarian harian untuk hashtag tersebut untuk melihat siapa yang menggunakannya, dan pertimbangkan untuk mengatur ulang foto atau video terbaik dari penggemar di platform pemasaran Anda sendiri.

  • Jadikan langkah pembelian mudah.

Sekarang saatnya mengkonversi pengikut menjadi pelanggan. Gunakan alat penjualan Instagram seperti akun bisnis maupun aplikasi penjualan lainnya. Ini untuk menambahkan tautan yang dapat diblokir ke bio Instagram Anda. Sertakan pula informasi yang jelas mengenai cara pemesanan atau pembelian, kontak SMS, telepon, WhatsApp, Line, Line@ hingga BBM Messenger yang Anda miliki khusus untuk jualan online Anda ini. Sertakan pula alamat Anda dengan sejelas mungkin untuk membangun kepercayaan pemirsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *