4 Kriteria dari Situs Berita yang Aman dan Terpercaya

By | November 22, 2017

Era kemajuan teknologi seperti sekarang ini memang membuat banyak sekali media atau platform berita baik yang terpercaya maupun yang tidak terpercaya. Mungkin kita sudah akrab dengan beberapa news portal yang terkenal dan berbasis di ibukota Jakarta, namun belakangan ini internet mulai dijejali dengan situs-situs penebar berita hoax hingga isu-isu yang kontroversial yang berpotensi menimbulkan konflik. Berhati-hatilah dalam menshare sebuah berita, kenali terlebih dahulu kriteria media atau situs berita terpercaya. Seperti berikut ini:

Baca juga: Daftar Situs Berita Terpercaya Tahun 2017

  • Berbadan hukum.

Sebuah media dapat dikatakan sebagai media yang resmi (official) apabila ia maupun publishernya memiliki badan hukum dan legalitas yang jelas. Lembaga pers atau perusahaan media berita yang resmi biasanya berbadan hukum, bisa berupa Perseroan Terbatas (PT), yayasan maupun koperasi. Bagaimana jika media tersebut milik perusahaan atau instansi? Tentu badan hukumnya ada pada perusahaan atau instansi tersebut. Misalkan saja situs kementrian, situs web kepolisian, atau situs web ormas dan organisasinya pun harus jelas.

  • Punya tim redaksi.

Apabila sebuah situs portal berita sudah berlandaskan hukum, maka secara otomatis di dalamnya terdapat tim redaksi, pengelola serta penanggung jawab situs. Dengan begitu, situs berita yang aman dan terpercaya dapat dikenali melalui kotak Redaksi atau Tim Redaksi. Biasanya, nama-nama dari tim redaksi dan pengelolanya ada di dalam menu “Redaksi” atau bisa juga “About Us”. Dalam laman khusus profil manajemen tersebut, nantinya akan ada nama-nama dari jurnalis atau pengelola website, mulai dari pemimpin umum, pemimpin redaksi, editor/redaktur, reporter atau jurnalis, fotografer, web designer dan masih banyak lagi. Memang tidak perlu lengkap namun setidaknya masih ada nama penanggung jawab dari tim redaksi yang jelas.

  • Alamat kantor.

Karena portal berita tersebut memiliki tim redaksi, maka sudah dapat dipastikan mereka memiliki ‘markas’ berupa kantor. Lihat di halaman situs portal berita, apakah ada menu “Contact Us” atau tidak. Jika ada, maka cobalah mengklik-nya lalu melihat apakah benar portal berita tersebut memiliki alamat kantor yang jelas serta keterangan-keterangan tambahan lainnya seperti nomor telepon redaksi, nomor telepon marketing atau bagian pemasaran, bagian iklan dan lain sebagainya, pastikan juga bahwa alamat yang diberikan jelas dan benar-benar ada.

  • Kualitas berita.

Sebenarnya kualitas berita dalam situs berita itu relatif namun situs portal berita yang aman dan terpercaya biasanya merekrut jurnalis profesional yang paham akan ilmu, etika, serta teknik jurnalistik sehingga kualitas berita yang disuguhkan pun sesuai dengan standar dan etika jurnalistik. Judul berita maupun isinya tidak ada unsur provokatif maupun repressive yang berpotensi dapat menimbulkan perdebatan publik dan bila diambil dari situs portal berita lainnya maka tercantum sumber yang jelas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *