Manfaat Mengikuti Forum Online dari Suatu Komunitas

By | November 23, 2017

Internet menawarkan berbagai macam media atau platform untuk berinteraksi dengan orang lain di luar sana. Tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan adanya jejaring sosial atau media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga forum online seperti Kaskus dan sebagainya. Ada banyak sekali jenis forum yang ada di internet mulai dari forum-forum komunitas, hobi, diskusi, kesehatan, dan masih banyak lagi. Ternyata bukan hanya sekedar sebagai ajang saling berinteraksi saja, forum-forum internet khususnya yang mewadahi suatu komunitas memiliki manfaat bagi para anggotanya, seperti:

  • Membangun silaturahmi dan persaudaraan.

Dengan bergabung dalam sebuah forum komunitas maka cepat atau lambat, kita juga akan mendapat banyak teman. Meski awalnya hanya terjalin komunikasi secara online baik di dalam forum maupun melalui media online lainnya, namun jika rutin diadakan kopi darat (pertemuan) maupun perkumpulan, maka tentunya akan terjalin komunikasi yang lebih intim atau akrab. Tidak jauh berbeda dengan komunitas offline pada umumnya.

  • Ajang untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Mencari ilmu atau pengalaman tidak melulu harus melalui bangku sekolah atau pendidikan saja, dalam suatu komunitas pun kita juga bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman dari orang lain yang membagi kisah pengalamannya ke dalam forum online tersebut. Kelebihannya adalah, jika mengikuti forum internet ini tentu saja kita jadi lebih mudah mengakses diskusi atau pembahasan yang sedang terjadi dalam komunitas kita tersebut. Kita pun juga bisa berpartisipasi membagi pengalaman serta meminta pendapat dari rekan sesama anggota komunitas.

  • Membangun karakter serta kepribadian.

Dengan mengenal banyak orang dengan kepribadian dan karakter yang berbeda-beda dalam sebuah komunitas, maka kita juga memiliki peluang untuk membentuk karakter serta kepribadian kita. Sebagai contoh, banyak orang yang tadinya pemalu dan lebih introvert, setelah bergabung dan aktif dalam forum dan kegiatan komunitas, mereka kemudian berubah jadi orang yang supple, pandai bergaul bahkan extrovert. Yang terpenting adalah, forum atau komunitas yang dipilih adalah yang mengarah ke hal-hal atau kegiatan yang positif dan membawa manfaat. Selain itu, wawasan dan pemikiran kita bisa jadi lebih lebar karena aktif mengikuti diskusi antar anggota.

  • Memperluas networking.

Banyak teman, banyak rejeki. Mungkin itulah yang bisa menggambarkan betapa menguntungkannya memiliki teman-teman meski mulanya hanya dari forum online sebuah komunitas saja. Anda bukan hanya mendapatkan ‘teman’ saja, melainkan pergaulan dan networking yang luas. Karena dalam komunitas hal-hal seperti saling bertukar informasi masalah pekerjaan atau bisnis sangat mungkin terjadi. Informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan komunitas pun juga bisa lebih mudah diakses dan dijangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *