Mengenal Kriteria Situs Aman dan Terpercaya untuk Transaksi Jual Beli Online

By | November 24, 2017

Di jaman modern seperti sekarang ini, apa yang tidak bisa kita jual atau kita beli di internet? Hampir semua produk barang atau jasa bisa dengan mudah ditemui di internet, layaknya sebuah mall besar bahkan mungkin melampaui mall konvensional yang ada di kota tempat kita tinggal mengingat ada banyak barang yang tidak bisa kita jumpai di mall konvensional, tapi bisa kita temukan di dunia internet. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli online, ada baiknya memastikan terlebih dahulu bahwa situs yang kita kunjungi adalah situs aman dan terpercaya.

  • Periksa sertifikat SSL.

Lihatlah URL situs webnya. Jika diawali dengan “https” bukan “http” berarti situs tersebut diamankan dengan menggunakan Sertifikat SSL (singkatan amannya). Sertifikat SSL mengamankan semua data Anda saat dilewatkan dari browser ke server situs web. Untuk mendapatkan Sertifikat SSL, perusahaan harus melalui proses validasi. Namun, ada beberapa tingkat validasi yang berbeda-dan beberapa di antaranya lebih mudah didapat daripada yang lain.

Tingkat validasi terendah, Domain Validation (DV), hanya memvalidasi kepemilikan domain dan bukan legitimasi organisasi yang meminta sertifikat, jadi masih belum dapat dikatakan situs aman. Dengan kata lain, jika Anda membeli domain “amaz0n.com” dan meminta sertifikat untuk itu, Anda akan mendapatkan sertifikat itu karena Anda memiliki domain. Tingkat validasi tertinggi, Extended Validation (EV), adalah yang teraman dan paling luas. Dengan Extended Validation perusahaan yang meminta sertifikat tersebut harus membuktikan identitas dan legitimasi mereka sebagai bisnis. Anda dapat mengetahui apakah sebuah situs memiliki sertifikat EV dengan melihat bilah alamat.

  • Carilah tanda-tanda bahwa perusahaan itu real.

Ada beberapa tanda yang bisa Anda lihat jika sebuah perusahaan itu nyata atau tidak, yang pertama adalah alamat fisik dan nomor telepon, jika perusahaan mencantumkan alamat fisik dan nomor telepon ada kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka adalah perusahaan atau bisnis yang nyata. Perusahaan terkemuka akan mencantumkan informasi mereka sehingga Anda dapat menghubungi mereka jika ada masalah.

  • Kebijakan-kebijakan lainnya.

Di antaranya adalah kebijakan mengenai retur atau pengembalian barang, situs yang bereputasi harus mendaftarkan kebijakan retur dan pengiriman mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan kebijakan ini, Anda mungkin tidak ingin membeli dari mereka. Harga yang terlalu rendah dan sulit untuk dipercaya memang terkadang menggiurkan. Namun Anda bisa saja mendapati barang yang rusak atau kondisinya tidak bagus, barang curian, atau malah tidak mendapatkan apa-apa sama sekali. Yang terakhir dan yang tak kalah penting, situs aman selalu menyertakan pernyataan privasi, yakni semacam informasi bagi Anda bagaimana mereka melindungi informasi Anda. Anda harus memastikan sebuah situs memiliki pernyataan privasi dan membacanya sebelum Anda melakukan pembelian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *