Ini Dia Tips Online yang Aman untuk Mencegah Hal Negatif Oleh Anak-anak

By | November 28, 2017

Seiring berkembangnya jaman, anak-anak bukan lagi bermain dengan mainan berwujud konkret, mainan tersebut kini mulai tergantikan dengan permainan virtual yang ada dalam perangkat berwujud smartphone, komputer maupun game konsol. Mau tak mau hal ini mendorong anak-anak lebih melek terhadap teknologi, termasuk dalam hal ini akses internet atau akses online yang tidak terbatas. Anda mungkin akan memerlukan beberapa tips online yang aman untuk mencegah hal-hal negatif dialami oleh anak-anak Anda atau mulai meracuni pikiran mereka. Seperti yang dijabarkan di bawah ini:

  • Anda harus melek teknologi juga.

Jangan hanya puas menjadi orangtua yang konservatif tetapi tidak mau tahu mengenai apa yang dilakukan anak-anak dengan perangkat gadget mereka. Banyak anak-anak yang sudah mengetahui bagaimana caranya memainkan game, mengakses kamera dan video, galeri foto, menyetel lagu, bahkan menonton video di Youtube dan browsing di internet. Sebagai orangtua, Anda juga harus mau belajar, dengan tujuan agar Anda bisa mengetahui apa saja yang anak-anak Anda lakukan dengan gadget yang mereka gunakan, meski itu adalah milik Anda sendiri.

  • Ikuti anak-anak Anda secara online.

Memperoleh kemerdekaan memang bagian dari pertumbuhan anak-anak, itulah sebabnya mengapa orang tua memiliki waktu yang sulit dengan anak-anak mereka yang bergaul tanpa pengawasan dengan teman-temannya. Tapi sama seperti Anda tidak akan membiarkan anak-anak Anda ke luar tanpa mengetahui di mana mereka berada, tips online aman untuk anak-anak Anda adalah Anda seharusnya tidak membiarkan mereka menjelajah dunia maya tanpa pengawasan. Misalnya, orang tua harus membuat akun di Facebook, Twitter, atau jaringan sosial lainnya yang ingin digunakan anak-anak mereka, dan mengawasi aktivitas mereka di forum tersebut.

  • Kenali siapa anak-anak Anda yang terhubung dengannya.

Selain bergabung dengan jejaring sosial yang sama dengan anak Anda, ini adalah rencana cerdas untuk berteman dengan teman mereka juga. Sementara beberapa orang mungkin menganggap ini sebagai hal yang akan dilakukan orangtua yang skeptical, namun benar-benar orangtua seharusnya bertanggung jawab untuk mengetahui apa yang anak-anak Anda bicarakan atau online. Tentu saja anak laki-laki akan menjadi anak laki-laki dan perempuan akan menjadi anak perempuan, tapi penting bagi mereka untuk belajar dan bermain di antara teman sebayanya, bukan di tengah orang asing atau orang yang jauh lebih dewasa dari usia mereka.

  • Terapkan beberapa batasan.

Tips online aman untuk anak-anak yang terakhir adalah buatlah batasan-batasan tertentu untuk membiasakan anak lebih bertanggungjawab dengan gadget mereka. Misalkan saja dengan hanya mengaktifkan akses internet di waktu-waktu tertentu atau jika anak-anak Anda masih di bawah usia 15 tahun, jangan biarkan mereka terlalu memegang gadget sambil tetap memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka agar mereka tidak merasa dikekang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *