Manfaat Mengaplikasikan Search Engine Marketing dalam Bisnis Online

By | December 5, 2017

Mengelola sebuah bisnis dari internet memang menjadi trend baru di tengah-tengah pelaku usaha, dimana mereka tak perlu keluarkan banyak uang hanya untuk mengoptimalkan usaha yang dijalankan, namun tentunya menjadi sangat sulit bagi orang-orang yang masih pemula dalam dunia IT ini, untuk menyiasatinya maka tak jarang diantaranya yang menggunakan beberapa jasa optimalisasi website mereka, salah satu diantaranya adalah search engine marketing atau yang dikenal sebagai SEM. Istilah SEO mungkin sudah tak begitu asing lagi bagi Anda, namun bagaimana dengan SEM ini?

SEM sendiri dikenal sebagai metode pemasaran baru yang mengaplikasikan perangkat teknologi khususnya adalah internet. Teknik ini sendiri digunakan untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan, diantaranya adalah seperti untuk meningkatkan branding produk atau nama website tersebut. Diantaranya adalah dengan cara memanfaatkan iklan internet. SEM dikenal juga sebagai Google Adword, yaitu sebuah layanan Google yang berbasis periklanan, agar nantinya iklan mereka ada di halaman depan pencaharian.

Lalu apa saja manfaat yang didapatkan oleh pelaku bisnis dengan menjalankan search engine marketing ini, berikut yang harus diketahui:

  1. Meningkatkan popularitas produk, seperti halnya ketika Anda beriklan di televisi maupun melalui koran, sebenarnya tujuan utamanya memang untuk membranding barang, yaitu meningkatkan popularitasnya sehingga kian mudah dikenal oleh masyarakat. Jika produk tersebut populer atau dikenal secara luas, maka konsumen juga akan semakin mudah mengingatnya ketika ingin mencari barang, secara otomatis produk tersebut yang akan terpikir dan dibeli. Membranding ini menjadi bagian utama dalam meningkatkan penjualan.
  2. Membidik target market secara tepat, Google merupakan mesin pencarian terbesar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, data dari setiap penggunanya ada disana, termasuk usia, kemudian sebuah database yang digunakan untuk melihat riwayat dari apa yang mereka cari. Hal ini yang digunakan oleh Google untuk memasangkan iklan yang tepat sesuai dengan pengguna internet tersebut. Sehingga sasarannya nanti jauh lebih tepat. Iklan Anda akan tertuju pada target market yang sesuai.
  3. Untuk meningkatkan penjualan, setelah branding, maka tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan penjualan barang tersebut. Tak bisa dipungkiri jika seandainya banyak diantara pelaku usaha yang beriklan lewat Google Adwords sebenarnya dengan tujuan penjualan yang kian meningkat, iklan akan membawa konsumen untuk melihat lebih jauh mengenai produk yang dijual, kemudian jika tertarik sebagian besar diantaranya akan langsung membeli. Karena tanpa beriklan sebenarnya memang akan sulit mendatangkan pembelian barang tersebut.

Dengan banyaknya manfaat melakukan search engine marketing ini tak bisa dipungkiri jika lebih banyak pelaku bisnis yang mengaplikasikannya dalam mengelola bisnis atau usaha online. Namun jangan sembarangan dalam memilih perusahaan yang tepat untuk membantu optimalisasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *