Mengenal Jenis-jenis Pemasaran Online yang Populer Saat Ini

By | December 6, 2017

Marketing atau pemasaran merupakan sebuah strategi yang digunakan untuk memperkenalkan barang kepada konsumen hingga nantinya membuatnya laku dijual. Sebagian banyak diantara masyarakat khususnya adalah pelaku bisnis selalu mengaplikasikan hal tersebut agar nantinya produk mereka bisa terjual laris manis. Hanya saja tak bisa dipungkiri jika seandainya langkah ini juga tak bisa dikatakan mudah dilakukan. Mengingat Anda tentunya sudah juga tau berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam melakukannya, sangat tinggi, tak jarang bahkan yang harus merogoh kocek hingga milyaran rupiah, jika ingin dapatkan hasil memuaskan.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, maka strategi marketing yang diaplikasikan oleh perusahaan juga kian mengalami perubahan. Pastinya Anda sendiri juga sudah tak begitu asing dengan hal yang satu ini. Dimana banyak masyarakat yang sudah tak menggunakan metode tradisional dalam memperkenalkan produk mereka, melainkan sudah ikut serta dengan keberadaan internet yang nyatanya bisa menjadi langkah marketing murah meriah dan target lebih jelas. Meskipun belum semua orang yang menggunakan internet.

Baca juga: Strategi Marketing Bagi Toko Online Terbaik Agar Target Penjualan Dapat Tercapai

Pemasaran secara online ini mengaplikasikan lebih banyak metode, seperti diantaranya adalah:

  1. Viral marketing, metode yang satu ini adalah paling banyak dikembangkan pada pertama kali muncul, dimana satu orang akan memberitahukan 10 orang lain begitu juga sebaliknya, sistem berantai yang nantinya akan membuat lebih banyak orang mengetahui tentang produk yang dijual, hasilnya juga sangat efektif.
  2. Forum marketing, model ini biasanya lebih kepada mengandalkan forum diskusi atau chatting di sebuah media sosial tertentu, membahas mengenai sebuah produk, cara kerjanya dan juga cara pembeliannya.
  3. Sosial networking, inilah yang paling banyak digunakan saat ini, pemasaran berbasis jejaring sosial seperti diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, BBM dan sejenisnya. Biasanya pemilik media sosiallah yang akan memposting mengenai produk yang dipasarkan, sehingga orang-orang yang menjalin pertemanan dengan mereka juga bisa melihat postingan tersebut.
  4. Emain signatur, sistem ini jauh lebih singkat dan juga to the point, biasanya adalah dengan mengandalkan email yang didapatkan oleh sebuah pelaku usaha atau brand ketika Anda join ke dalamnya.
  5. PPC advertising, dikenal juga dengan nama pay per click, dimana mereka yang membuka sebuah website atau blog yang sudah ditentukan maka akan mendapatkan uang, tentunya ada pengeluaran yang harus ditanggung oleh mereka yang mengaplikasikannya, namun tak terlalu mahal.
  6. Joint venture, bekerjasama dengan seseorang yang memiliki list banyak dengan peminat produk tersebut, nantinya akan diajak kerjasama untuk menjual barang yang sudah ditentukan.

Faktanya pengeluaran untuk pemasaran online ini memang jauh lebih kecil nilainya dibandingkan dengan sistem marketing tradisional atau langsung. Hanya saja untuk yang masih pemula mungkin sangat sulit melakukannya, namun jangan khawatir karena ada beberapa perusahaan jasa yang bisa membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *