Usaha Online Lewat Market Place, Jangan Asal Pilih Tempatnya!

By | December 7, 2017

Menjalankan bisnis sudah pasti ada pasang surutnya, dengan alasan tersebutlah banyak yang tidak mau ambil resiko untuk membuka usaha sendiri. Padahal sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha yang modalnya kecil dan juga resiko kerugiannya kecil sebut saja diantaranya adalah usaha online, trend bisnis di era digital agaknya memang didominasi oleh usaha yang dilakukan secara online lewat internet sebagai media untuk promosi atau menjual barang tersebut.

Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini tak bisa dipungkiri jika seandainya usaha online lebih banyak dilirik oleh masyarakat dengan alasan kemudahan dalam menjalankannya dan juga modal yang dibutuhkan untuk memulainya tergolong sangat ringan. Anda juga bisa menjajal usaha berbasis teknologi tersebut, dimulai dari jenis penjualan seperti apa yang diinginkan, usaha reseller biasa atau sistem dropship, tentunya menyesuaikan dengan model yang dikeluarkan. Bahkan juga tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menjalankan usaha online yang berbasis pada bidang jasa, sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Setelah itu tentukan barang apakah yang ingin dijual, melihat dari jenisnya tentu banyak sekali, mulai dari produk fashion, kemudian kesehatan, ada pula produk rumah tangga, gadget dan sejenisnya, menentukan jenis barang yang akan dijual ini nyatanya juga sangat penting, dengan tujuan adalah untuk mengurangi resiko yang diterima nantinya jika usaha tersebut gagal dijalankan. Setelah itu baru memilih tempat penjualan. Untuk usaha ini ada banyak sekali pilihannya, mulai dari media sosial, e-commerce, website toko online atau sebuah market place, bagi Anda yang ingin dapatkan segmen jelas dan kemungkinan keuntungan tinggi, maka market place bisa dijadikan sebagai pilihan.

Hanya saja jangan asal juga dalam menentukan market place pilihan Anda, pertimbangkan beberapa hal ini:

  1. Reputasi market place tersebut di mata konsumen, tak bisa dipungkiri bahwa tak semua market place dipercaya atau dikenal aman, kenyataannya ada banyak sekali yang justru dikenal sebagai penipu, barang yang dijual tak berkualitas juga prosesnya lama, hendaknya jangan memilih yang reputasinya buruk, karena akan sangat mempengaruhi penjualan Anda.
  2. Pilihlah yang terkenal dan juga sering beriklan, mengapa demikian? Semakin dikenal mereka maka akan semakin banyak konsumen yang tak segan untuk berbelanja kesana, sehingga dapat dijadikan sebagai partner terbaik.
  3. Pertimbangkan juga fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh market place tersebut, khususnya adalah untuk kemudahan Anda dalam mengelolanya dan juga memberikan tampilan menarik kepada konsumen.
  4. Mengenal sistem kerjanya, apakah uang yang dibayarkan pembeli akan langsung masuk ke rekening Anda atau harus melalui perusahaan terlebih dahulu.

Dengan pemilihan market place yang tepat maka akan meningkatkan peruntungan Anda dalam usaha online. Strategi bisnis era digital yang patut dicoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *