4 Kiat Mengurangi Resiko dalam Jualan Online

By | December 8, 2017

Dalam perkembangannya bisnis online memang sudah menciptakan banyak sekali perubahan dalam gaya hidup masyarakat, salah satunya adalah dalam hal belanja, banyak diantaranya yang sudah tidak lagi menjalankan aktivitas belanja secara langsung atau offline, melainkan menyiasatinya dengan belanja online. Sejalan dengan hal tersebut tingkat pengusaha yang memulai untuk jualan online juga semakin tinggi, terbukti dengan banyak toko-toko online dan juga marketplace yang dipenuhi oleh berbagai macam penjual dari seluruh penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri trend bisnis online ini memang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, setiap orang bisa dengan mudah jual beli barang hanya dengan mengandalkan internet. Bahkan tak hanya itu jika melihat dari keuntungan usaha semacam ini juga sangat tinggi, target market yang luas memungkinkan mereka bisa melakukan penjualan barang secara lebih tinggi kemanapun. Lalu bagaimana dengan resikonya, tingkat resiko dalam menjalankan sebuah bisnis sudah pasti ada, namun tinggi rendahnya bergantung pada usaha yang dijalankan. Faktanya ada bisnis online yang tak memiliki resiko kerugian, sebut saja diantaranya adalah menjalankan bisnis di bidang reseller dropship.

Semakin tinggi modal yang dikeluarkan untuk berbisnis, maka dengan itu pulalah tingginya resiko yang akan dihadapi. Untuk itulah berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda untuk mengurangi resiko dalam jualan online, diantaranya adalah:

  1. Mulailah dengan menjalankan bisnis sistem dropship, jika Anda masih terlalu takut mengeluarkan modal dengan hasil yang tidak pasti, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjalankan sistem dropship atau tanpa menyetok barang sama sekali. Cara ini terbukti efektif mengurangi tingkat resiko.
  2. Gunakan lebih dari satu media gratisan untuk promosi, misalnya tak hanya mengandalkan sebuah media sosial saja dalam menjalankan usaha, melainkan juga memanfaatkan market place, sebuah tempat gratisan yang bisa dipakai oleh siapa saja dalam promosi bisnis mereka. Cara ini nyatanya juga terbukti cukup efektif dalam meningkatkan penjualan.
  3. Berikan yang terbaik pada konsumen, jangan hanya mempertimbangkan untung tinggi saja, melainkan juga kualitas barang, Ada setidaknya harus mencari seorang supplier terpercaya yang menjual barang dengan kualitas yang terjamin. Hal tersebut nantinya akan membentuk kepercayaan konsumen untuk beli dan beli lagi barang yang ada.
  4. Jangan mengambil terlalu banyak keuntungan, belilah harga yang sewajarnya, apalagi jika penjualan dilakukan lewat market place. Karena antara satu penjual dengan yang lainnya nantinya akan memberikan harga bersaing, ketika produk yang Anda jual harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan barang jualan kompetitor yang sejenis, tentunya tak akan dilirik.

Jualan online ini bisa sangat membantu untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas dengan segmen juga jauh lebih banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *