Suka Baca Situs Berita? Pastikan Kenali Ciri Berita Fakta atau Hoax dengan Cara Ini!

By | December 12, 2017

Di zaman yang serba modern seperti saat ini, informasi yang jadi pusat seolah semuanya bersumber dari internet. Sejak kemunculannya, memang internet menjadi bagian kehidupan yang kini tidak bisa dipisahkan. Manfaat internet memang banyak mulai dari pekerjaan, transaksi, hingga ke penyebaran informasi. Saat ini sudah banyak sekali situs berita yang ada di dunia maya dan terkadang menjadikan para netizen atau pengguna internet bahkan sulit mendeteksi mana berita yang benar dan mana berita yang cenderung kebohongan.

Hal ini pun memunculkan berita hoax yang banyak dibagikan dimana berita hoax ini disebar demi bisa memprovokasi yang akhirnya menyebabkan perpecahan dan konflik antar masyarakat. Banyak sekali pengguna internet yang termakan oleh berita hoax sehingga kerapkali ikut-ikutan membenci padahal tidak tahu kebenarannya seperti apa. Berita hoax seolah adalah berita sederhana, namun jika dibaca oleh mereka yang tidak tahu menahu dan terus menyebar, maka pendapat demi pendapat lain akan muncul sehingga bisa jadi membahayakan dari segi persatuan bangsa.

Pemerintah pun sudah lakukan tindakan tegas dengan banyak memblokir situs berita online yang menyebarkan berita tak benar. Namun diblokir satu, tumbuh seribu, mungkin pepatah ini yang ada di dunia saat ini. Oleh karena itu sebagai pengguna internet, Anda juga harus cerdas memilah berita yang ada. berikut ini beberapa tips untuk cek dan ricek berita hoax:

  • Cek URL

Pertama adalah dengan cek URL lebih dulu. Instansi resmi selalu memakai situs berbayar dan juga situs terpercaya. Nama situs juga wajib untuk diperhatikan. Hal ini karena banyak juga situs online penyebar berita palsu yang memakai nama instansi namun sedikit diplesetkan sehingga netizen kadang terkecoh. Jadi perhatikan baik-baik siapa yang jadi sumber berita itu.

  • Selalu lakukan cross check

Selanjutnya adalah dengan lakukan cek kembali. Jika Anda membaca berita yang seolah bernada kebencian dan buruk maka Anda bisa cek kembali berita yang serupa di situs lain. Hal ini lantaran mungkin berita tersebut hanya kebohongan dan sekedar numpang tenar atau numpang viral saja.

  • Gunakan logika

Tidak selalu juga informasi buruk dan kontroversial adalah informasi yang hoax dan tidak benar. Namun pengguna internet juga harus bisa bersikap netral dan menggunakan logikanya secara baik. Jangan sedikit-sedikit share, sedikit-sedikit bagikan. Anda harus berpikir lebih dulu dari segi manfaat dan juga sisi buruknya.

Situs berita jujur dan tidak memihak pun saat ini masih banyak karena tidak semuanya berita bohong. Oleh karena itu pastikan hanya baca berita dari informan terpercaya saja. Dan yang terpenting adalah selalu pikir kembali ribuan kali sebelum membagikan sebuah berita yang sifatnya belum terkonfirmasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *