Simak Cara Sederhana untuk Mengetahui Situs Aman untuk Bertransaksi

By | December 14, 2017

Belanja online di zaman seperti saat ini sudah jadi hal yang amat umum dilakukan. Hal ini lantaran kemajuan teknologi yang membuat banyak orang ingin hidup dengan kian mudah. Bertransaksi di dunia maya saat ini sudah sangat biasa dan banyak dilakukan oleh masyarakat dimana lebih simpel dan mudah. Namun kadang banyak konsumen yang lupa untuk memastikan apakah situs tersebut termasuk situs aman atau tidak ketika harus bertransaksi.

Memang tidak mudah mengenali situs tersebut aman atau tidak jika Anda bukanlah seorang yang terjun di dunia teknologi dan informasi. Meski begitu, bukan berarti jika Anda tidak mungkin mengetahuinya. Oleh karena itu berikut ini cara sederhana mengetahui apakah situs itu termasuk aman atau tidak untuk bertransaksi:

  • Periksa dari alamat URL – Yang pertama adalah dari alamat URL situs tersebut. Umumnya ketika browsing, maka diawali dengan “http”. Tetapi jika Anda mengharapkan situs yang memang aman, maka URL haruslah “https” (ada s di belakangnya). Jika Anda diminta untuk mengirim data diri pribadi atau mungkin kode atau sandi ke alamat URL dengan http saja, maka ada baiknya untuk tidak memberikannya. Anda lebih baik pilih yang sudah ber-URL https demi keamanan. Tentu Anda tidak mau jika data diri Anda itu disalahgunakan bukan?
  • Periksa ikon “gembok” – Standar umum di antara browser web yang aman adalah dengan menampilkan gambar gembok di bagian bar jendela di browser. Ikon gembok ini jika Anda lihat bukan hanya sekedar gambar semata, namun lebih memberikan rincian akan keamanan di situs terkait. Untuk itu, tanda gembok ini amat penting ada di situs tersebut. Gembok pada situs haruslah berwarna hijau dimana itu tandanya situs aman. Ada gembok warna merah dan juga tanda coret di gembok dimana tandanya tak aman.

Jika Anda menemukan situs yang tidak aman, maka usahakan untuk tidak bertransaksi di sana apalagi memberikan nomor dan sandi kartu kredit karena ini akan membahayakan dimana bisa saja dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab. Hal ini lantaran sudah banyak sekali konsumen yang tertipu lantaran kurangnya kewaspadaan dan ketelitian. Jadi pilihlah situs yang memang terpercaya dalam bertransaksi atau bisa juga dengan cara pembayaran lainnya yang lebih aman.

Jika Anda akan belanja online, jangan lupa untuk mengetahui track record dari situs terkait sehingga memang bisa dipastikan jika situs tersebut memang terpercaya dan bisa jadi tempat bertransaksi yang aman dan nyaman. Waspada transaksi dalam bentuk apapun di dunia maya karena banyak pihak yang mencoba mencari keuntungan dengan cara tidak bertanggung jawab mengintai. Cara termudah mengatasinya tentu saja dengan waspada dan selalu hati-hati dalam memilih situs aman.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *