Tips Online Marketing Bagi Para Penjual Online Melalui Sosial Media

By | December 18, 2017

Pemasaran merupakan salah satu hal yang amat penting dalam hal berbisnis. Bahkan banyak yang menyatakan jika pemasaran adalah jiwa dari bisnis itu sendiri karena jika pemasaran berhasil maka penjualan pun akan berhasil juga. Strategi dalam pemasaran sudah berkembang sesuai jamannya dan saat ini pemasaran yang paling berpengaruh bisa dibilang adalah pemasaran secara online. Tips online marketing ini banyak sekali dicari, terutama untuk mereka yang berkecimpung di dunia online.

Marketing digital adalah usaha untuk mempromosikan merek dagang atau produk melalui dunia digital dan online. Banyak sekali media digital mulai dari internet dan non internet. Namun memang untuk yang sedang populer saat ini adalah marketing online dimana dananya tidak terlalu banyak. Salah satu yang berpengaruh di dunia maya adalah sosial media dimana sosial media ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbagi apa saja.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Toko Online yang Kekinian

Untuk tips online marketing kali ini, akan lebih difokuskan kepada marketing melalui sosial media, yaitu:

  • Konsisten

Pertama adalah dari segi konsistensi. Saat ini media sosial sudah menjadi strategi dari konten pemasaran yang jadi idola. Alasannya tentunya karena gratis dan pemakainya yang amat banyak. Banyak sekali ragam sosial media mulai dari Facebook, Instagram sampai Twitter dan lainnya. Jadikan username Anda mudah untuk diingat namun tidak alay. Jangan sampai hanya mengepost sekali-sekali saja, namun harus lebih konsisten untuk posting sehingga calon konsumen bisa lebih tertarik.

  • Edukasi, bukan hanya promo

Jangan hanya memakai sosial media untuk berpromosi semata, namun juga harus mengedukasi calon pelanggan Anda. Inilah trik yang biasanya tidak dimiliki oleh toko online lainnya. Coba berikan hal berbeda yang lebih bermanfaat dan edukasi sehingga calon konsumen dan pengikut merasa bahwa hal ini penting, barulah gabung dengan konten promosinya.

  • Perlakukan pengikut dengan spesial

Banyak sekali tipe pengikut di sosial media. Namun usahakan untuk bisa membalas semua pengikut Anda di media sosial sekalipun Anda tahu jika pengikut tersebut tidak serius. Dengan begitu, pelanggan lain akan merasa jika Anda memperlakukan pengikut atau calon pelanggan dengan spesial dan sama rata.

  • Fokus ke konten

Saat ini konten adalah rajanya. Jadi pastikan fokuskan apa yang Anda post tentang konten yang memang bermanfaat. Anda bisa melihat beberapa perusahaan besar lain dalam memberikan konten dimana selalu berbobot. Ajak juga para pengikut berinteraksi sehingga mereka dianggap penting.

Itulah beberapa tips online marketing melalui media sosial. Berpromosi boleh saja, namun Anda juga harus tahu kebutuhan dan karakter dari calon konsumen Anda. Pilih konten yang memang bermanfaat lalu gabungkan dengan promosi sehingga konsumen lebih nyaman membacanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *