3 Komponen Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website

By | December 27, 2017

Website kini menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Untuk perusahaan, website sangat diperlukan sebagai media memperkenalkan profil perusahaan kepada calon klien. Untuk freelance, website dibutuhkan sebagai wadah portofolio untuk mempromosikan diri kepada banyak orang. Dan untuk penulis, website sangat berperan untuk menyalurkan hobi dalam menulis.

Sebenarnya, beberapa perusahaan sudah menyediakan jasa pembuatan website secara gratis dalam bentuk blog seperti blogger dan wordpress. Namun hal itu tentu saja kurang terlihat profesional jika maksud Anda membuka website untuk memperkenalkan perusahaan atau skill Anda kepada dunia. Maka diperlukan website yang terlihat profesional untuk membangun merek dan citra baik dari apa yang Anda tekuni. Maka Anda perlu membuat website profesional.

Baca juga: Tips Membuat Website Anda Menjadi Populer

Sebelum membuat website profesional, alangkah baiknya jika Anda memahami 3 komponen utama yang dibutuhkan  dalam membuat website.

Hosting

Apa itu hosting? Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet.

Sederhana nya seperti ini. Silahkan Anda bayangkan sebuah perusahaan export import. Tiga hal terpenting dari sebuah perusahaan export import adalah nama perusahaan, kantor tempat perusahaan berdiri, dan gudang tempat penyimpanan seluruh barang yang hendak di export import.

Lalu apa hubunganya? Jika sebuah website dianalogikan seperti sebuah perusahaan export import, maka hosting itu sama dengan gudang tempat penyimpanan seluruh barang dari perusahaan. Hosting merupakan tempat penyimpanan seluruh data yang dibutuhken untuk membangun dan membuat website.

CMS

CMS(Content Management System) adalah aplikasi web yg berisikan template untuk mengelola isi halaman web.

Masih belum paham? Kita kembali ke analogi perusahaan export import. Jika perusahaan membutukan sebuah kantor untuk mengatur dan memanajerial seluruh aktifitas perusahaan, maka website membutuhkan CMS untuk mengatur sebuah website.

Sebenarnya sebuah website tidak harus menggunakan CMS. Namun untuk mempermudah pembangunan dan pengeditan website, CMS sangat dianjurkan untuk dipasang di suatu website.

Beberapa CMS yang terkenal dan digunakan di banyak website di dunia adalah blogger, wordpress, drupal, joomla dan lain lain.

Domain

Domain adalah sebuah nama yang digunakan sebagai jembatan untuk mengakses website. Ada banyak jenis domain di dunia seperti .com, .net, .biz, .info, . xyz, .shop, .gov, .ac.id dan masih banyak lagi.

Sebenarnya fungsi dari semua domain tersebut sama, yakni sebagai nama akses dari website. Perbedaan dari domain domain tersebut hanya pada namanya saja yang berguna sebagai pengidentifikasi website yang menggunakan domain tersebut.

Misalkan .shop cenderung digunakan oleh website toko online, atau .gov digunakan oleh goverment atau pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *