4 Manfaat yang Didapat dari Search Engine Marketing

By | January 5, 2018

Pernahkah Anda mendengar istilah Search Engine Marketing atau yang sering disingkat dengan istilah SEM? Kalau belum, maka secara sederhana istilah SEM ini bisa disebut sebagai kegiatan marketing secara digital memakai internet. Istilah lain yang lebih mudah adalah marketing online namun sistemnya lebih unik dan terarah karena bertujuan mengarahkan hasil pencarian mesin pencari, seperti Google, untuk masuk ke situs yang dikelola dengan metode SEM tersebut. Sehingga tidak sekedar mempromosikan barang melainkan mempromosikan website tersebut secara keseluruhan.

Manfaat Penggunaan Metode SEM

Sebagai salah satu bagian dari kegiatan SEO, tentunya SEM ini juga punya manfaat yang besar bagi blog atau website yang dikelola. Adapun manfaat tersebut adalah:

  • Meningkatkan jumlah visitor ke situs,

SEM memiliki manfaat hampir serupa dengan SEO yakni meningkatkan visitor atau pengunjung situs. Sebab ketika mengetik keyword tertentu di kolom pencarian maka situs yang sudah dikelola dengan SEM akan berada di halaman paling depan. Tidak menutup kemungkinan di ranking teratas sehingga paling banyak dikunjungi orang, alhasil situs ramai didatangi. Pengelola situs pun bisa menambah sumber pemasukan atas kepemilikan situs tersebut.

  • Semakin banyak produk di situs yang diketahui publik,

Kalau situs ini dikelola untuk berjualan secara online maka dengan teknik Search Engine Marketing omzet penjualan akan naik. Hal ini terjadi karena dengan SEM jumlah pengunjung bertambah secara signifikan dan sebagian besar pengunjung akan melakukan transaksi. SEM ini tidak hanya bisa diaplikasikan kepada situs lapak online saja, melainkan situs jenis lain misalnya situs traveling. Sehingga dengan pengunjung yang terus bertambah memberi kesempatan bagi pemilik situs mencari pemasukan dari space iklan, Google Ads, dan lain-lain.

  • Menjangkau pelanggan dari mana saja,

Tujuan lain dari teknik SEM dalam mempromosikan sebuah situs adalah menjangkau konsumen lebih luas. Hal ini tentunya semakin mudah karena teknik SEM membuat situs bisa direkomendasikan kepada siapa saja dimanapun mereka berada. Apa yang Anda ulas di situs tersebut ataupun apa yang dijual di dalamnya akan menjadi sumber informasi bagi pengguna internet secara luas. Pengunjung bertambah dan tidak semuanya merupakan masyarakat negara sendiri, bisa negeri tetangga bahkan beda benua.

  • Kegiatan promosi yang lebih terkontrol,

Promosi bukan sekedar kegiatan memperkenalkan suatu usaha yang dijalankan, melainkan perencanaan untuk mengembangkan usaha tersebut. Tanpa promo secara efektif usaha Anda akan sulit dikenal luas masyarakat sehingga masa depannya jauh dari kata cerah. Pertimbangkan mengelola bisnis online dengan promosi teknik SEM ini. Sebab kontrol terhadap kegiatan promosi semakin mudah baik dari segi waktu promosi, budget yang dikeluarkan, dan lain sebagainya. Membentuk bisnis online yang mumpuni akan terdukung oleh Search Engine Marketing ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *