Jaga Kepuasan Pelanggan dengan Menyimak 4 Tips Jualan Online Berikut Ini!

By | January 10, 2018

Membuka toko online menuntut Anda untuk terus belajar bagaimana proses jualan online secara efektif untuk memberikan pemasukan yang lebih baik. Usaha niaga online ini tentu lebih menarik untuk ditekuni karena ramah dari segi biaya sekaligus bisa dijalankan secara fleksibel. Cocok dijadikan sampingan dan ketika ditekuni dengan baik dan telaten maka bisa menjadi usaha utama dengan pemasukan yang berlimpah. Kalau dilihat dari segi positifnya memang banyak yang terasa enak namun menjalankan usaha ini secara langsung tentu menjumpai banyak kendala.

Tips Berjualan Melalui Internet

Melayani pembeli ketika berjualan secara konvensional dengan online tentunya akan menjumpai perbedaan signifikan. Supaya pelanggan betah dan order ulang di kesempatan lain simak dulu beberapa tips berjualan secara online berikut ini:

Baca juga: 4 Kiat Mengurangi Resiko dalam Jualan Online

  • Sediakan produk yang sesuai foto,

Membuat pembeli kecewa dengan produk jualan Anda tentunya bukanlah langkah yang tepat untuk dilakukan. Biasanya pembeli akan mengeluh mengapa produk aslinya beda jauh dengan yang di foto. Menghindarinya, maka usahakan memajang foto asli Anda bisa berkreasi memotret dagangan dengan kamera handphone. Kemudian edit sedikit dan beri keterangan tambahan agar pembeli tidak merasa dibohongi.

  • Layani pembeli dengan ramah dan profesional,

Pembeli yang tertarik dengan produk jualan online Anda akan melakukan order dengan mengirimkan chat ke kontak yang disediakan. Umumnya memakai WA dan Line, meski ada beberapa toko online yang masih memanfaatkan BBM atau mungkin SMS dan telepon namun dijamin jarang. Setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan baiknya dilayani dengan baik kalau memang banyak chat yang masuk. Maka balas dari chat yang paling bawah karena mereka mengirimkan chat lebih dulu.

  • Jangan membuat pembeli menunggu barang terlalu lama,

Demi menjaga profesionalitas maka usahakan untuk segera mengirim barang yang statusnya sudah lunas dibayar oleh pelanggan. Buatlah sebuah buku administrasi yang memberi petunjuk proses order sehingga tidak ada yang tertukar dan salah kirim. Usahakan pengiriman dilakukan sesegera mungkin karena ketika pembeli menerima barang pesanannya lebih cepat dari perkiraan. Maka dijamin akan merasa lebih puas dan besar kemungkinan akan kembali berbelanja di lapak online yang dikelola, maka jangan membuat mereka menunggu lama.

  • Bungkus serapi dan sebaik mungkin,

Menjaga kepuasan pelanggan sepertinya tidak akan cukup hanya mengandalkan chat yang dibalas dengan baik dan pengiriman dilakukan secepatnya. Kualitas produk boleh bagus juga namun kalau tidak dikemas dengan baik maka pembeli bisa menerima barang cacat. Bagaimana mengatasinya? Tentunya untuk produk rusak selama pengiriman perlu Anda ganti sebagai ganti rugi dan mencegah kejadian serupa. Misalnya mencari tahu bagaimana packing yang tepat supaya selamat sampai alamat tujuan, sehingga produk jualan online diterima pembeli tanpa keluhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *