4 Tips Tata Kelola Toko Online Agar Tidak Mudah Gulung Tikar

By | January 15, 2018

Agar bisa sukses bekerja dari manapun melalui usaha toko online maka perlu mempelajari teknik sukses mengelola usaha jenis ini. Usaha berjualan secara online memang memberi kemudahan lebih pada saat dirintis maupun dikelola karena bisa kapan saja dan dimana saja. Anda tidak perlu pusing memikirkan modal karena cukup membuat akun di media sosial maupun pasar online (marketplace) secara otomatis Anda sudah menjadi pebisnis niaga online. Namun hal paling sulit justru upaya mendapatkan pelanggan dan mempertahankannya.

Tata Kelola Lapak Online Secara Cerdas

Memulainya mudah namun mengelola dan mempertahankannya yang sulit, ungkapan ini pas untuk menggambarkan peruntungan usaha niaga online. Maka perhatikan dulu beberapa tips ini untuk kemudahan mengelolanya:

Baca juga: Supaya Toko Online Anda Cepat Sukses, Pilih Produk Dagangan Anda dengan 4 Kiat Ini!

  • Pilih situs yang tepat untuk berjualan,

Situs di internet memang banyak dan beberapa sangat cocok dijadikan wadah membangun usaha lapak online. Paling cocok bagi pemula adalah ke media sosial populer maupun ke marketplace karena disini dikunjungi oleh nyaris semua warganet. Sehingga lebih mudah memperkenalkan jualan dan toko Anda, otomatis berpengaruh pada omzet penjualan.

  • Sediakan produk yang memang dibutuhkan orang,

Akan lebih sulit menjual produk yang belum dikenal luas karena dijamin butuh strategi promosi yang tepat agar dagangan online yang dimiliki dilirik pembeli. Berbeda jika menyediakan produk yang memang familiar bagi siapa saja karena memang kebutuhan mereka, maka akan lebih mudah menjaring konsumen. Langkah awal mendirikan toko online baiknya menjual produk yang memang banyak dicari. Soal penambahan konten jualan bisa dipikir belakangan pada saat sudah memiliki pelanggan, strategi ini dijamin tokcer supaya pelanggan terus bertambah banyak.

  • Tawarkan dengan harga yang reasonable,

Jangan terlalu berharap mendirikan lapak online adalah usaha super menguntungkan yang butuh modal kecil namun memberi keuntungan selangit. Sehingga tanpa pikir panjang memberikan banderol harga yang tidak rasional, sehingga banyak pengunjung toko sekedar melihat-lihat tanpa melakukan order. Tentunya terasa ketika setelah beberapa bulan belum juga menemukan pembeli, akali dengan menyediakan harga yang logis. Ambil saja keuntungan terbatas supaya tidak kesulitan untuk menjaring pelanggan. Memang terkesan rugi namun perlahan keuntungan maksimal akan dikantongi.

  • Memberi layanan yang berkualitas,

Produk boleh berkualitas namun kalau Anda memberikan layanan yang tidak berkualitas maka dijamin banyak orang tertarik belanja malah mengurungkan niatnya. Sebab toko di internet ada banyak dan yang menyediakan produk serupa dijamin juga banyak otomatis persaingannya ketat. Kalau tidak menyadarinya maka bersiap-siap saja menutup lapak yang Anda sudah bangun selama beberapa bulan. Usahakan menyediakan kontak yang mudah dihubungi dan sediakan format order, dan pastikan selalu ramah dalam menjawab pertanyaan apapun yang diajukan calon pembeli. Keramahan Anda menjadi kunci sukses menjaring pelanggan toko online sebanyak mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *