Cara Membuat Situs Berita yang Kredibel dan Terpercaya

By | January 23, 2018

Sebuah situs dengan niche berita memang sangat diminati oleh masyarakat terutama generasi dengan interval umur antara dua puluh hingga tujuh puluh tahun. Salah satu alasan populernya situs berita karena konten yang disajikan adalah konten yang bermuatan fakta. Artinya, tulisan yang disajikan di situs berita berdasarkan kejadian nyata dan dapat dipertanggung jawabkan. Bukan hanya opini belaka apalagi hoax.

Tetapi sebelumnya, apakah benar situs berita semakin populer dan diminati oleh para pembaca di indonesia? Mengacu ke beberapa situs pengecek website, salah satu situs portal berita terbesar di Indonesia yaitu Detik, pengunjung atau visitor yang mampu dicapai oleh Detik mencapai 211.737 ribu hanya dalam satu hari. Sangat besar bukan?

Apakah Anda tertarik membuat situs berita Anda sendiri? Bagaimana caranya? Berikut cara membuat situs berita yang kredibel dan terpercaya.

  • Seorang jurnalistik

Hal pertama yang perlu disiapkan sebelum membuat situs berita terpercaya adalah seorang jurnalistik profesional.

Mengapa harus seorang jurnalistik profesional? Karena situs yang akan Anda bangun adalah situs berita. Anda harus membangun kepercayaan dan kredibilitas. Salah satu cara membangun dan mendapat kepercayaan dan kredibilitas adalah dengan memperkerjakan seorang profesional.

  • Berita yang terpercaya dan up to date

Salah satu fungsi mendasar dari situs berita adalah mendapatkan sebuah informasi terbaru. Maka dari itu, konten berita yang harus Anda sajikan haruslah up to date. Jika berita yang anda sajikan tidak up to date, maka jangan harap situs berita yang Anda rintis akan ramai dikunjungi orang.

Selain up to date, sebuah berita haruslah terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. Benar benar terjadi di masyarakat dan memiliki sumber yang jelas. Jika berita yang Anda sajikan tidak memiliki sumber yang jelas, maka sampai kapanpun situs berita Anda tidak akan dianggap sebagai situs berita yang kredibel. Dan lebih parahnya lagi, Anda sebagai pemilik dan pengembang situs dapat dijerat hukum menyebarkan berita palsu.

  • Berita berdasarkan fakta, bukan opini

Percaya atau tidak, masyarakat kini lebih menyukai sebuah berita berdasarkan fakta, bukan opini belaka. Untuk apa membaca berita yang sepenuhnya hanya berisi opini sedangkan tujuan kita membaca adalah untuk mendapatkan informasi terbaru yang terjadi di sekitar kita.

Masyarakat membutuhkan informasi yang berguna karena mereka dapat beropini dari informasi dan berita tersebut. Dengan kata lain, mereka dapat menciptakan opini, sedangkan sebuah informasi dan berita tidak dapat diciptakan melainkan didapatkan sehigga opini tidak terlalu dibutuhkan oleh semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *