Alasan Bisnis Online Selalu Gagal

By | January 24, 2018

Dalam hal mendatangkan keuntungan, kemampuan dan peran bisnis online sudah tidak usah di ragukan lagi. Banyak pembisnis yang telah meraup keuntungan banyak hanya dari bisnis online.

Meski telah terbukti menghasilkan uang, masih banyak orang yang ragu ragu bahkan tidak ingin terjun ke dunia bisnis online. Alasan standar seseorang enggan memulai bisnis online adalah :

  • Tidak memiliki produk untuk dijual

Jika ingin menghasilkan keuntungan yang berlipat dari bisnis online, pengusaha dituntut untuk memiliki suatu produk yang unik dan menarik. Sebenarnya tidaklah sulit menemukan barang untuk dijual secara daring, namun tuntutan barang yang menarik lah yang sering membuat jatuh mental para pemula dalam menjalakan bisnis onlinenya.

Padahal jika Anda bersungguh sungguh, produk umum yang mudah ditemui pun bisa Anda jual secara online dan mendatangkan uang. Anda hanya perlu menerapkan hal kreatif dan inovatifnya di strategi pemasaran, pelayanan atau packing.

  • Tidak memiliki modal

Alasan yang ke dua ini merupakan alasan paling klasik seseorang enggan memulai bisnis online.

Tidak bisa dibantah pernyataan bahwa modal merupakan salah satu komponen utama dari perintisan bisnis. Seseorang yang tidak memiliki modal akan menemui banyak kesulitan dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Online yang Terbukti Menghasilkan Uang

Namun apakah Anda lupa bahwa saat ini Anda hidup di zaman modern dimana semua hal kecuali yang memiliki kaitan erat dengan agama semuanya sangat mungkin terjadi dan dilakukan.

Jika ingin merintis bisnis online namun tidak punya modal, Anda dapat berjualan online dengan sistem droshipping.

Sebagai bahan motivasi untuk Anda, mentri perikanan dan kelautan Susi Pudjiastuti yang sekarang bisnisnya sudah merambat ke dunia penerbangan memulai bisnis ikan asin bermodalkan hanya beberapa ribu rupiah saja.

  • Minder / Tidak percaya diri

Percaya diri merupakan modal yang penting dalam menyongsong kesuksesan dalam berbisnis. Jika Anda sebagai pemilik produk tidak percaya diri dengan produk yang Anda miliki, bagaimana konsumen percaya untuk membeli produk Anda?

  • Kurang responsif

Pernahkah Anda membeli barang secara online? Bagaimana perasaan Anda ketika sang penjual belum membalas chat Anda walau hanya 5 menit? Pasti yang Anda rasakan adalah kesal. Ketika sudah kesal, Anda pasti mencari toko online lain.

Begitupun jika Anda kurang responsif. Pasti banyak pelanggan yang lari meninggalkan toko online Anda. Jangankan 5 menit, 2 menit tidak responsif pun cukup untuk menggoyahkan bisnis yang Anda tekuni saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *