Bisnis Online VS Bisnis Offline, Mana yang Lebih Efektif?

By | January 25, 2018

Dilihat dari bentuknya, bisnis memiliki dua versi. Dua versi tersebut adalah bisnis online dan bisnis offline. Bisnis online baru ditemukan setelah internet berkembang. Meski begitu, nyatanya bisnis online mampu bersaing dengan bisnis offline.

Kita telah memahami pengertian dasar dari bisnis online dan offline. Namun, antara kedua bisnis tersebut, mana yang lebih efektif? Mari kita bandingkan dari beberapa aspek.

  • Jangkauan pasar.

Ketika Anda berniat ingin membuka toko sepatu, Anda akan berfikir bahwa membuka toko di tempat tempat strategis seperti di pusat perbelanjaan, pusat pariwisata, atau pinggir jalan merupakan keputusan yang tepat. Alasanya karena tempat tempat seperti itu ramai dikunjungi oleh orang sehingga menjankau pasar jauh lebih mudah.

Hal itu tidak berlaku bagi bisnis online. Bisnis online dapat dijalankan dimana saja. Di tempat ramai atau ditempat sepi sekalipun, bisnis online dapat tetap berjalan. Selain itu, jangkauan dari bisnis online jauh lebih luas. Tidak mengenal itu kota sebelah, provinsi sebelah, negara tetangga atau antar benua sekalipun, selama target kita memiliki akses internet, maka semua dapat dijangkau.

Bisnis online = 1 , bisnis offline = 0

  • Jam kerja

Jika Anda membuka sebuah toko sepatu secara fisik (toko offline), maka setiap hari Anda harus berada di toko tersebut supaya saat ada yang datang, Anda dapat melayani.

Sangat berbeda jauh dengan toko online yang masih dapat beroprasi meski Anda sedang bersantai dengan keluarga, berlibur ke puncak, atau sedang menghadiri acara keluarga.

Bisnis online = 2 , bisnis offline = 0

  • Tingkat persaingan

Apakah anda tahu berapa toko online baru yang beroprasi setiap harinya? Kami tidak mengetahui jumlah pastinya. Namun yang kami tahu, pasti ada saja toko online baru di setiap harinya. Bayangkan jika setiap harinya bisnis online baru bertambah, maka tingkat persaingan akan semakin ketat. Ditambah cakupan bisnis bukan lagi satu lapak ke lapak lain, namun sudah berbicara antara satu benua ke benua lain. Betapa ketatnya tingkat persaingan di bisnis online.

Namun jika bisnis online. Jika Anda membuka toko sepatu di pasar tradisional, maka saingan Anda tidak lain dan tidak bukan adalah lapak sebelah atau lapak lain yang ada di pasar tersebut.

Bisnis online 2 , bisnis offline = 1

Tidak bisa ditolak, bisnis online jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan bisnis offline. Namun jika Anda dapat mengoprasikan keduanya secara bersamaan, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *