Tips Menjalankan Bisnis Online Dibidang Kuliner

By | January 26, 2018

Salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah makan. Makanan menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Alasan itulah yang menjadi acuan bahwa menjalankan bisnis di bidang kuliner akan sangat menguntungkan.

Gaya berbisnis di jaman ini telah bertransformasi dari bisnis offline atau fisik ke bisnis online. Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa bisnis kuliner tidak relevan dengan era digital. Maksudnya, bisnis kuliner hanya dapat di jalankan secara offline. Sangat sulit menerapkan gaya bisnis online di bidang kuliner. Hal tersebut dikarenakan daya tahan makanan sangat rendah. Cepat basi dan mudah busuk.

Namun nyatanya tidak. bisnis dibidang kuliner pun dapat dijalankan secara online. Bagaimana caranya? Berikut tips menjalankan bisnis online di bidang kuliner.

  • Bisnis makanan kering

Salah satu cara termudah berbisnis online dibidang kuliner adalah dengan menjual makanan kering. Dibanding dengan makanan basah, makanan kering memiliki daya tahan yang lebih kuat. Jika makanan basah hanya bertahan dua sampai tiga hari, makanan kering masih bisa bertahan dari 3 sampai 4 bulan.

Jika Anda berminat menjalankan bisnis online makanan kering, Anda dapat mempertimbangkan menjual makanan kering yang populer seperti kue kering, snack dan lain lain.

  • Bisnis minuman.

Selain makanan kering, Anda dapat menjalankan bisnis online dengan produk minuman. Daya tahan minuman lebih kuat daripada makanan. Jika Anda melakukan pengemasan dengan baik, minuman dapat bertahan hingga jangka waktu satu tahun.

  • Pengemasan yang baik

Salah satu kunci utama dari suksesnya bisnis online dibidang kuliner adalah pengemasan yang baik. Tidak peduli itu makanan kering atau basah, jika Anda melakukan pengemasan dengan cara yang baik dan benar maka makanan yang menjadi produk Anda akan awet dan tahan lama.

Sedikit tips tambahan, saat Anda mengemas makanan, pastikan anda mengemasnya dengan sangat rapi, tertutup dan kedap udara. Hal ini bertujuan supaya makanan tidak tekontaminasi oleh kuman kuman yang dapat merusak makanan.

Anda dapat menggunakan plastik, kaleng ataupun botol untuk pengemasan yang baik.

  • Hindari makanan dari bau tidak sedap

Bisnis di bidang kuliner memang agak sedikit merepotkan. Anda perlu memperhatikan banyak hal seperti bahan bahan makanan, daya tahan makanan, pengemasan hingga higienisitas saat pengolahan.

Selain hal hal diatas, anda juga perlu memperhatikan tempat penyimpanan makanan. Jangan sampai tempat penyimpanan Anda beraroma tidak sedap. Hal itu akan mempengaruhi aroma dan cita rasa dari makanan yang hendak Anda jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *