Manfaat Besar dari Kebiasaan Menulis Buku Catatan Harian untuk Anda

By | January 30, 2018

Kebiasaan menulis catatan pada saat guru atau dosen mengajar sekarang ini mungkin sudah asing bagi para pelajar. Hal itu karena perkembangan jaman dan perubahan teknologi sekarang, para siswa tidak lagi membutuhkan buku catatan sebagai media belajar tetapi lebih pada smartphone, laptop ataupun teknologi lain sejenisnya. Tidak dipungkiri memang teknologi yang baru harus dimanfaatkan tetapi sebenarnya masih penting juga melakukan pencatatan pada buku.

Walaupun memang penggunaan teknologi belum dilakukan oleh semua sekolahan tetapi sebagian besar telah menggunakan hal tersebut untuk mempermudah segala aktivitas belajar mengajar yang modern. Pada artikel kali ini tidak akan membahas lebih dalam teknologi apa saja yang dapat digunakan dalam belajar. Tetapi fokusnya lebih pada manfaat penting dari sebuah catatan harian yang dilakukan oleh para mahasiswa ataupun pelajar kebanyakan.

Harga Buku Catatan

 

Nah, berikut ini dampak yang memberikan banyak keuntungan bagi Anda yang bisa menulis catatan yaitu:

1. Meningkatkan memori.
Kebiasaan menulis harian ternyata dapat meningkatkan memori pada otak Anda, karena pada saat menulis secara otomatis otak akan berjalan dan menangkap apa saja yang sedang Anda tulis. Berbeda dengan menggunakan file ataupun dokumen dari laptop atau smartphone, mungkin Anda hanya minta copyan file.

2. Kemungkinan ke hapus lebih kecil.
Jika Anda memilih smartphone yang sekarang ini lebih banyak digunakan pasti kemungkinan ke hapus akan lebih besar. Banyak ponsel yang terjadi kesalahan lalu semua file hilang sendirinya, hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan buku sebagai catatan harian.

3. Muscle memory.
Ketika Anda menulis secara otomatis otak dan otot-otot akan bergerak dengan sendirinya dan hal itu dapat meningkatkan memori otot Anda. Berbeda dengan menggunakan laptop ataupun smartphone yang mungkin Anda tidak akan menggerakkan banyak otot karena hanya sekedar mengcopy file atau dokumen.

4. Melatih kedisiplinan.
Karena terbiasa dengan menulis catatan secara otomatis Anda juga dilatih untuk lebih disiplin dengan aktivitas tersebut. Kemungkinan manfaat penting dari buku catatan sendiri adalah membuat segala kegiatan Anda terorganisir dengan lebih baik. Keteraturan, ketepatan waktu, dan kedisiplinan akan muncul dengan sendirinya.

5. Mengatur tingkat emosional.
Pernah mendengar bahwa perasaan yang sedang Anda rasakan itu menggambarkan tulisan pada buku. Secara otomatis hal itu akan lebih membuat Anda mudah mengatur perasaan dengan baik, bagaimana harus lebih sabar, tegar dan lainnya.

Kurang lebihnya itulah keuntungan besar yang dapat Anda peroleh dari kebiasaan menulis catatan harian menggunakan buku. Penggunaan buku sendiri bukan terlihat kuno tetapi mempertahankan manfaat mencatat untuk diri Anda sendiri. Selain itu banyak lagi kelebihan dari sebuah buku dibandingkan smartphone atau laptop yaitu:

1. Harga yang lebih terjangkau.
2. Mempunyai masa yang tetap dan tidak mudah rusak.
3. Tidak mempunyai keterbatasan kapasitas catatan apalagi jika Anda menggunakan binder.
4. Bisa dijadikan kenang-kenangan.
5. Bisa menulis sesuai dengan pemahaman tanpa ada batasan format ataupun pengaturan.
6. Model buku yang lebih banyak dan mudah dikreasikan.

Tidak dipungkiri bahwa memang perubahan jaman dan inovasi teknologi baru memang merubah kebiasaan masyarakat yang dahulu harus dilakukan secara manual sekarang bisa lebih instan. Tetapi yang perlu diketahui bahwa ada manfaat yang lebih besar dari sistem manual dari pada modern seperti sekarang. Contohnya saja penggunaan buku catatan harian yang nyatanya memberikan manfaat yang lebih besar dari pada smartphone, laptop, tablet ataupun PC jaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *