Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Bisnis Online Anda Tidak Ingin Sepi Pembeli

By | January 31, 2018

Setiap orang yang menjalankan bisnis online pasti ingin bisnisnya selalu ramai pengunjung dan tidak pernah mati. Namun hal tersebut sedikit sulit mengingat tingkat persaingan bisnis online sangat ketat. Jika tidak mampu bertahan, bukan hanya sepi, bisa bisa Anda gulung tikar.

Bisnis online yang selalu ramai pengunjung bukan tidak mungkin Anda capai, hanya saja Anda perlu bersabar dan sedikit bekerja keras. Dan jika bisnis online yang sudah Anda jalankan dengan susah payah tersebut sudah ramai pengunjung, jangan lakukan 5 hal dibawah ini jika bisnis online Anda tidak ingin sepi pengunjung lagi.

  • Slow Respons

Mari kita analogikan dengan membalik keadaan. Jika Anda berbelanja di toko online dan penjual yang hendak akan Anda beli barangnya lama dalam merespon chat dan pesanan, bukankah Anda geram? Beberapa prilaku pembeli setelah menemui keadaan tersebut biasanya mengambil beberapa keputusan. Keputusan tersebut diantaranya :

  • Tetap menunggu pelapak merespons pesanan karena sudah terlanjur tertarik dengan barangnya
  • Menunggu sembari mencari barang yang sama di lapak lain
  • Membatalkan pesanan dan mencari barang lain meski barang tidak sama karena terlanjur emosi

Keputusan ke dua dan ke tiga sangat berbahaya bagi Anda. Persoalanya bukan pada jumlah barang yang Anda jual akan menurun, tapi kredibilitas, kepercayaan, dan reputasi bisnis online Anda akan menurun karena kejadian tersebut.

Maka dari itu, respons yang cepat dalam menanggapi pelanggan sangat penting. Meski pelanggan tersebut tidak jadi bahkan tidak ada niat membeli produk Anda.

  • Jarang Online

Namanya juga bisnis online, maka Anda sebagai pelaku bisnis online harus sering sering online. Jarang online akan membuat toko Anda sepi pengunjung karena beberapa pembeli online melihat histori toko utamanya Jam berapa terakhir online.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Online yang Terbukti Menghasilkan Uang

  • Stock tidak lengkap

Beberapa pelanggan akan membeli produk di bisnis online Anda tanpa menanyakan stock baik itu ukuran, warna, ataupun jenis. Hal ini terjadi karena pelanggan sudah menaruh kepercayaan penuh pada bisnis online Anda.

Maka dari itu, sangat penting memperlengkap stock dari produk bisnis online Anda. Iya pun lengkap, berikanlah deskripsi lengkap di bisnis online Anda supaya pelanggan mendapatkan informasi lengkap dari produk yang hendak Anda beli

  • Deskripsi terlalu ambigu

Silahkan bandingkan dua deskripsi dibawah ini:

Deskripsi 1

“Ready jaket polos. Warna jaket ada hitam, putih, kuning dan lain lain. Silahkan pesan dan cantumkan warna”

Deskripsi 2

“ready jaket polos. Bahan kain cotton. Lembut dan nyaman digunakan. Tersedia berbagai ukuran diataranya XL, L, M, S. Warna jaket yang kami tawarkan diantaranya putih, hitam dan abu abu. Silahkan pesan dan sertakan warna dan ukuran demi menghindari kesalahan pengiriman”

Dari dua deskripsi diatas, produk jaket mana yang kira kira akan Anda beli? Saya yakin deskripsi dua lah yang akan Anda beli karena deskripsi dua lebih jelas dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *