Tips Aman Berbelanja di Situs Jual Beli Online Supaya Tidak Tertipu

By | February 9, 2018

Beberapa tahun ke belakang ini, kepopuleran situs jual beli online semakin meningkat seiring berkembang pesatnya teknologi jaringan. Bahkan dari hari ke hari, animo dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat seiring dengan sistem keamanan situs jual beli online yang juga semakin meningkat.

Meski begitu, tidak ada kesalahan jika kita waspada dan hati hati saat berbelanda di situs jual beli online. Masalahnya, meskipun sudah semakin menurun, kasus penipuan jual beli online masih sering terjadi di dunia.

Untuk mengantisipasinya, berikut tips berbelanja di situs jual beli online supaya tidak tertipu.

Tips # 1. Pastikan berbelanja di situs jual beli online terpercaya.

Jika Anda ingin membeli sesuatu secara online, pastikan anda berbelanja di situs jual beli online terpercaya. Bagaimana cara mengecek situs jual beli online tersebut terpercaya?

  1. Pastikan situs tersebut memiliki toko atau kantor fisik di dunia nyata. Anda dapat mengeceknya melalui google maps. Supaya lebih yakin, tracking toko atau kantor fisik tersebut menggunakan google street view.
  2. Situs jual beli online terpercaya biasanya menggunakan SSL yang aman (https://). Hal tersebut dikarenakan situs jual beli online sering melakukan transaksi keuangan sehingga bila menggunakan SSL https, data diri dan hal hal penting dari ID pelanggan dapat dijaga dengan baik
  3. Jangan berbelanja di situs jual beli online yang masih menggunakan domain gratis  seperti blogspot, wordpress, ga, tk, cf dan lain lain. Hal tersebut terlalu beresiko.

Tips# 2. Jangan mengkonfirmasi barang sebelum Anda menerima dan memastikan

Jika Anda sudah yakin tidak ada masalah di tips #1, silahkan Anda berbelanja. Namun saat menerima barang, akan lebih aman jika Anda mengecek barang belanjaan sesuai dengan yang Anda pesan.

Banyak sekali kasus jual beli online dimana saat sudah konfirmasi barang, ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan. Contohnya saat memesan sebuah smartphone, si penipu malah mengisi cover box smartphone dengan batu.

Tips # 3. Cek review dan feedback dari situs jual beli online tersebut

Silahkan cek review situs jual beli online di beberapa situs populer seperti media sosial dan youtube. Pastikan review dari pelanggan lainya positif.

Atau Anda juga dapat membaca feed back dari beberapa pembeli yang pernah berbelanja di situs jual beli online yang hendak Anda berbelanja disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *