Bisnis Indonesia, Orang Asing dalam Budaya Bisnis Indonesia

By | February 27, 2018

Mengutip pepatah terkenal di Indonesia: “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.” Pegang langit tanah tempat Anda berjalan. Ini mirip dengan When in Rome, lakukan seperti orang Romawi. Hal yang sama berlaku untuk berbisnis.

Orang-orang yang datang ke Indonesia dengan visi yang jelas namun pikiran yang fleksibel memiliki peluang pencampuran yang sangat baik. Prasangka sering mengarahkan orang asing ke dalam harapan palsu, oleh karena itu ikuti langkah-langkah ini untuk membentuk gagasan Anda tentang bagaimana bisnis bekerja dengan orang Indonesia.

Bisnis Indonesia, Orang Asing dalam Budaya Bisnis Indonesia

  • Hubungan Pertama, Lalu Bisnis

Dinamika budaya yang beragam mendominasi budaya bisnis Indonesia. Ada sejumlah adat dan tradisi yang perlu diikuti. Hal ini sampai-sampai Indonesia terkadang merasa dibebani oleh kode etika (tata krama) mereka . Perasaan dan kewajiban yang sama berlaku untuk kebaikan hati (ga enakan hati) .

Meski begitu, orang Indonesia sangat bangga dengan warisan budaya mereka dan juga dengan senang hati menunjukkan kebaikan kepada orang asing. Namun, begitu Anda berada di Indonesia, Anda akan mengerti berapa banyak kebiasaan yang benar-benar perlu diikuti. Juga, bagaimana hal itu mempengaruhi melakukan bisnis.

Tip untuk orang asing adalah mengamati dan mengenal adat istiadat setempat. Ini akan membantu Anda berbaur dengan lebih baik dan menjadi lebih mudah untuk ditekankan pada dedikasi lokal.

Mengetahui kapan harus beralih dari “membangun hubungan” panggung untuk melakukan bisnis adalah apa yang membedakan veteran berpengalaman dari orang asing yang baru melakukan bisnis di Indonesia. Itulah sebabnya kami menyarankan perusahaan baru ke pasar untuk mengajak orang yang berpengalaman untuk menghadiri pertemuan bisnis indonesia.

  • Kekuatan dan Hirarki yang Mempengaruhi Budaya Bisnis Indonesia

Prinsip hirarki di sini mirip dengan beberapa negara Asia lainnya. Didukung oleh studi Hofstede, Indonesia masih memiliki nilai jarak daya yang tinggi.Memahami Budaya Bisnis Indonesia

Orang tidak setara dalam masyarakat dan hal ini juga tercermin dalam organisasi. Dengan kata lain, karyawan yang memiliki kekuatan lebih kecil dalam hidup mengharapkan dan menerima juga kurang di tempat kerja.

Baca Juga Menyadari Pentingnya Keterampilan atau Konsep Dasar Dari Bisnis Online

Konsep hirarki masih banyak ditemukan, terutama pada generasi yang lebih tua dan perusahaan mapan. Sudah dikenalkan pada orang baru, coba salam yang sulung atau paling senior dulu. Judul adalah sesuatu yang membanggakan dan menunjukkan status Anda di masyarakat. Adalah sopan untuk merujuk kepada mereka dengan judul Mr / Mrs (Bapak / Ibu) daripada pengenalan nama langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *