Tips Bisnis Dengan Menyesuaikan Adat Di Indonesia

By | February 28, 2018
  • “Ya, Bos” dalam Budaya Bisnis Indonesia

Ungkapan ini berarti “Ya”, tapi kebanyakan membuat orang bahagia, menunjukkan rasa hormat dan memuaskan permintaan orang lain. Namun, jangan terkecoh dengan pemikiran itu secara otomatis menegaskan apa yang sedang dibahas di antara pasangan.

Tips Bisnis Dengan Menyesuaikan Adat Di Indonesia

Sering kali ketika perusahaan asing mendapatkan ide yang salah, berpikir bahwa kesepakatan sudah disepakati. Bila sebenarnya pasangan Indonesia hanya ingin menyenangkan pihak lawan. Begitu perusahaan asing itu pulang ke rumah, mereka mendapati bahwa tidak ada yang terjadi.

Jadi, suatu saat “iya” tidak berarti orang Indonesia akan melakukan apa yang didiskusikan atau harus sependapat dengannya. Pastikan untuk memeriksa ulang proposal Anda beberapa kali.

  • Pentingnya Koneksi di Indonesia

Siapa yang Anda kenal lebih penting dari apa yang Anda ketahui. Artinya, koneksi seringkali lebih berharga daripada pengetahuan. Ini terutama meningkat saat berhadapan dengan sektor pemerintahan di Indonesia. Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk mengumpulkan pasangan dengan lingkaran koneksi yang luas, daripada memiliki sedikit terang yang dekat dengan Anda yang tidak memiliki koneksi pada tingkat yang diperlukan.

Orang Indonesia menanam ikatan yang kuat dengan orang-orang yang mereka kenal. Mereka menindaklanjuti mereka yang dekat dengan mereka dan juga orang-orang yang berpangkat lebih tinggi. Namun kenalan baru lebih jauh tertinggal dari daftar. Oleh karena itu, berikan waktu untuk ikatan dan membangun relasi sambil menaruh minat yang tulus.

Membual tentang siapa yang Anda kenal adalah praktik umum – semua orang yang Anda tahu mengklaim bahwa mereka mengenal seseorang yang penting. Terkadang mereka melakukannya tapi terkadang itu hanya taktik pemasaran yang mereka gunakan untuk reputasi yang lebih baik.

Juga lebih mudah untuk mengatur pertemuan pertama jika Anda mengatakan bahwa Anda mengenal seseorang dalam lingkaran. Hanya mengetahui nama peringkat tinggi bisa menjadi kunci pertemuan pertama Anda.

  • Hindari Kesepakatan Selama Kontak Pertama dengan Mitra Indonesia

Sementara tindak lanjut hubungan baru tidak diprioritaskan, orang Indonesia merasa terikat pada hubungan dan menjaga hubungan mereka dengan baik. Mengatakan “tidak” bukanlah ungkapan yang tergelincir di bibir lokal dengan mudah. Jadi, seringkali mereka melewatkan pertemuan atau kontak jika mereka merasa bisnis Indonesia dan mereka belum siap. Alih-alih mengatakan tidak.

Jadi, ujungnya – jangan letakkan penjualan sebagai tujuan pada kontak pertama. Tekankan untuk memulai sebuah hubungan atau mengenalkan perusahaan Anda tanpa kesepakatan atau proposal mengikat lebih lanjut.

Baca Juga Menyadari Pentingnya Keterampilan atau Konsep Dasar Dari Bisnis Online

Saat ini, yang terbaik adalah membagi budaya bisnis Indonesia berdasarkan pada siapa kita berhadapan. Mari kita bahas satu per satu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *