Grup Keuangan Indonesia Mengatakan bahwa Bitcoin adalah Halal

By | April 7, 2018

Seorang cendekiawan Islam dari Indonesia menegaskan bahwa Bitcoin halal dan bertentangan dengan otoritas agama Mesir dan Turki dalam hal ini.

Mufti Muhammad Abu Bakar, seorang cendekiawan Islam dan kepala kepatuhan Syariah di Blossom Finance, menulis sebuah studi tentang isu apakah Bitcoin Indonesia adalah cryptocurrency yang harus diterima oleh umat Islam di seluruh dunia.

Grup Keuangan Indonesia Mengatakan bahwa Bitcoin adalah Halal

“Meskipun minat, investasi, dan spekulasi dalam Bitcoin dan cryptocurrency terus meroket ke atas, masih ada kebingungan yang berkembang di kalangan Muslim – yang membentuk hampir seperempat dari populasi dunia – seperti apakah Bitcoin dan cryptocurrency sesuai dengan hukum Syariah,” tulisnya.

Dia mendekati subjek dengan pola pikir bahwa Syariah sangat dapat ditafsirkan pada hal-hal spesifik seperti ini, yang dapat dengan mudah menciptakan kontradiksi yang tidak memiliki jawaban yang jelas.

Namun, Bakar menegaskan bahwa Bitcoin diterima dalam konteks tertentu. Bakar menggunakan contoh Jerman, di mana Bitcoin Indonesia dianggap sebagai alat pembayaran yang sah di samping Euro “dan karenanya memenuhi syarat sebagai uang Islam [di sana].”

“Syariah mengakui uang adat sebagai sesuatu yang memperoleh status moneter melalui penerimaan yang luas di masyarakat atau oleh mandat pemerintah,” tambahnya.

Di sisi lain, Amerika Serikat tidak mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah, malah memperlakukannya sebagai komoditas dalam beberapa kasus dan keamanan di pihak lain. Menurut Bakar, ini “karena itu memenuhi syarat [Bitcoin] sebagai uang adat Islam.”

Baca Juga : Ternyata Jual Mobil Bekas Secara Online Sangat Mudah dan Menguntungkan Jika Anda Terapkan Tips Ini

Pernyataan sarjana Indonesia bertentangan dengan Mufti Besar Mesir dan Diyanet Turki — Direktorat Urusan Agama — keduanya telah mengeluarkan fatwa menentangnya karena berbagai alasan. Diyanet secara khusus beralasan bahwa Bitcoin “dapat dengan mudah digunakan dalam kegiatan ilegal”, dan nilainya sangat berfluktuasi, yang membenarkan melarangnya di bawah hukum Islam.

“peraturan oleh ulama Islam yang mengklaim Bitcoin tidak diizinkan karena tunduk pada fluktuasi dan / atau memiliki potensi untuk digunakan dalam kegiatan ilegal bukan alasan yang sah di bawah Syariah, karena faktor-faktor ini di luar Bitcoin Indonesia: harga Bitcoin dikenakan penawaran dan permintaan, seperti komoditas dan mata uang fiat, dan penggunaan hal halal untuk tujuan yang melanggar hukum tidak dapat membuat hal itu sendiri melanggar hukum, ”jawab Bakar dengan tajam.

Bagaimana saudara muslim? Masih ragu akan bitcoin? Masih takutkah bahwa bitcoin itu syubhat bahkan cenderung haram? Investasi di mata uang virtual ini tidaklah haram sama sekali. Melainkan akan sangat menguntungkan dan berkah. Setidaknya itulah yang dijelaskan oleh para ahli.

Bitcoin tidak berbeda sama sekali dengan mata uang lainya. hanya saja mata uang ini bersifat virtual sehingga sangat mudah dan praktis untuk di belanjakan. Selain itu, peningkatan nilai dari mata uang bitcoin sangat signifikan sehingga sangat menguntungkan bila Anda berani berinvestasi besar didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *