Sebelum Bertransaksi Belanja Online Kalian Harus Perhatikan Hal Berikut!

By | April 12, 2018

Tips Belanja Online Banyak sekali situs-situs dan media yang memberikan tips belanja online saat ini karena dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang memanjakan semua orang dalam melakukan transaksi. Dimulai dengan penjual yang memasang barangnya di situs dengan berbagai macam model dan ukuran. Ada beberapa situs yang menampilkan barang jualannya tetapi dengan berbeda toko. Setiap toko tersebut memiliki rating penjualan. Sebagian situs lain, memang menjual barang tanpa adanya kerjasama dengan toko lain.

Sebelum Bertransaksi Belanja Online Kalian Harus Perhatikan Hal Berikut!

Beberapa hal perlu diperhatikan jika ingin melakukan belanja online. Memang tidak semua tips belanja online ini dapat diterapkan disemua situs. Setidaknya tips belanja online ini dapat mengurangi kecurigaan yang terjadi sebelum melakukan transaksi, antara lain;

  1. Melakukan riset mengenai situs yang akan dipilih sebagai toko yang akan melakukan transaksi. Terlebih lagi jika toko tersebut di Instagram (banyak sekali lapak yang membuka barangnya untuk di jual), Facebook dan lainnya. Biasakan untuk membaca komentar di kolom komentar toko atau situs tersebut. Tetapi hal itu juga tidak menjamin akan kebenarannya. Biasanya komentar yang dilontarkan untuk situs tidak semua bagus. Namun jika komentarnya terlalu bagus, hal itu dapat dicurigai. Perlunya bertanya pada oran-orang yang pernah melakukan transaksi menggunakan situs tersebut. Dan juga bisa dicari melalui mesin pencari.
  2. Bandingkan harga untuk suatu barang yang akan dibeli dengan situs-situs yang lainnya. Biasanya harga untuk suatu barang disetiap situs tidak jauh berbeda. Jika ada barang yang dijual dengan harga yang sangat berbeda, perlu dicurigai. Karena jangan mudah percaya dengan harga yang sangat murah. Harga-harga yang dibandingkan belum termasuk dengan biaya pengiriman.
  3. Sesuaikan barang yang akan dibeli dengan kebutuhan. Terlebih lagi jika barang tersebut berupa pakaian dan sepatu. Tidak semua barang tersebut memiliki ukuran yang sama. Untuk mengeceknya diperlukan ukuran metris agar sesuai dengan kebutuhan. Cek kembali barang yang akan dibeli. Jika sudah terlanjur dipilih, harus melakukan komunikasi dengan toko tersebut untuk melakukan pembatalan pemesanan.
  4. Perlunya cek kebijakan dalam bertransaksi. Kebijakan ini selalu ada disetiap situs-situs belanja online agar mempermudah dalam bertransaksi. Terlebih lagi jika terjadi pengembalian barang. Tidak semua barang bisa dikembalikan ke toko jika mengalami kecacatan.
  5. Simpan bukti transaksi untuk berjaga-jaga. Dan juga perlunya minta kode pengiriman agar dapat dipantau sampai mana barang yang akan diterima.

Baca Juga : Cara Mudah Untuk Menghasilkan Uang Dengan Cepat

Perlu kebijakan dalam memilih barang serta situs yang akan dijadikan toko untuk membeli barang. Sama seperti belanja langsung ke toko. Tips belanja online ini perlu dijadikan pertimbangan untuk menghindari terjadi penipuan dalam melakukan transaksi. Terlebih lagi dengan situs yang menginginkan uang DP. Karena hampir semua situs tidak memerlukan DP dalam melakukan transaksi. Sehingga diperlukannya membaca peraturan kebijakan dalam melakukan transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *