Investor Bitcoin Indonesia Ditetapkan untuk Mengungguli Para Peserta Saham

By | April 19, 2018

Criptocurency, begitulah sebutan untuk mata uang digital seperti bitcoin, ethereum dan lain lain. Semakin hari, semakin banyak orang yang tertarik akan mata uang yang satu ini. Fluktuasinya begitu luar biasa. Dalam sehari saja peningkatan nilai mata uang digital ini  bisa mencapai hingga 20 persen.

Investor Bitcoin Indonesia Ditetapkan untuk Mengungguli Para Peserta Saham

Peningkatan yang luar biasa itu berbanding lurus dengan penurunan dan resiko yang ada di dalamnya. Dalam sehari penurunan nilai mata uang ini bisa mencapai hingga 25 persen.

Hingga hari ini, 1 bitcoin nya jika di rupiah kan memiliki nilai hingga lebih dari seratus juta rupiah. Luar biasa bukan?

Indonesia pun merasakan imbas dari mata uang yang satu ini. Bitcoin Indonesia mulai populer dari beberapa dekade ke belakang. Mulai banyak minner dan trader dari  mata uang yang satu ini. Hal ini menambah kepopuleran bitcoin. Beberapa website trader bitcoin dan could minning mulai populer. Namun sayang di indonesia belum ada ATM yang menyediakan mata uang bitcoin sebagai alat tukarnya.

Platform bitcoin Indonesia terbesar untuk membeli dan menjual mata uang digital akan segera memiliki lebih banyak anggota daripada bursa saham yang berusia satu abad.

Indonesia Digital Asset Exchange, sebelumnya dikenal sebagai Bitcoin.co.id, akan memiliki 1,5 juta anggota yang membeli dan menjual mata uang digital seperti bitcoin, ethereum dan riak pada akhir tahun, menurut Chief Executive Officer Oscar Darmawan. Platform, yang memulai operasinya pada tahun 2014, saat ini memiliki 1,14 juta investor, katanya.

Sebaliknya, Bursa Efek Indonesia, yang menawarkan saham, futures dan opsi serta dana yang diperdagangkan di bursa, hanya memiliki 1,18 juta peserta terdaftar, menurut data dari Indonesia Central Securities Depository. Perusahaan yang diperdagangkan di bursa memiliki kapitalisasi pasar gabungan sebesar $ 520 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Pedagang mata uang digital ditetapkan melebihi investor saham

“Kami melihat hampir 3.000 anggota baru mendaftar setiap hari,” kata Darmawan. “Kebanyakan orang melakukan perdagangan bitcoin Indonesia meskipun transaksi dalam ethereum telah meningkat secara signifikan akhir-akhir ini.”

Meskipun Bank Indonesia tidak melarang pertukaran menawarkan cryptocurrency, ia meminta investor untuk menahan diri dari memiliki, menjual atau memperdagangkan token. Bank sentral tidak menganggap mata uang digital sebagai alat pembayaran yang sah.

Indonesia Digital Asset Exchange menargetkan volume harian meningkat dua kali lipat dari rata-rata 100 miliar rupiah ($ 7,3 juta) per hari saat ini, kata Darmawan. Bursa saham dalam perbandingan mencatat transaksi harian rata-rata senilai setara dengan $ 550 juta pada tahun 2017, menurut data dari bursa.

Baca juga ATM Bitcoin, Bisnis Bitcoin yang Sangat Menjanjikan

Mata uang yang satu ini memang luar biasa perkembanganya. Belum satu dekade masuk ke perekonomian Indonesia, tetapi sudah bisa mengambil peran vital di dunia perekonomian Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *