Mengulas Tentang Harga Subwoofer dan Kiat Pintar Memilihnya

By | May 7, 2018

Mobil tidak hanya menjadi kendaraan yang akan mengantarkan Anda ke tempat yang Anda inginkan karena tidak jarang, kendaraan roda empat tersebut juga dipergunakan untuk tempat tinggal sementara apalagi jika Anda sedang mudik dan terjebak macet. Untuk mengantisipasi bosan dan emosi saat berada di dalam mobil, biasanya orang akan menyalakan audio mobil untuk hiburan. Untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan, biasanya akan ditambah dengan subwoofer yang memiliki harga subwoofer yang terjangkau.

Perangkat audio yang di toko online memiliki harga murah kurang lebih Rp 200 ribuan ini, tidak bisa dipilih dengan sembarangan. Hal tersebut disebabkan karena jika salah memilih memiliki subwoofer, suara yang dihasilkan menjadi tidak maksimal dan bahkan menjadi jelek. Ada trik memilih subwoofer yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah pertimbangkan ukuran mobil dengan ukuran subwoofer yang ingin anda pilih. Ukuran yang paling banyak dipilih adalah 10 dan 12” namun ada pula yang ukurannya 5, 6, 13, 15, 18”. Jika terlalu besar, tidak hanya akan menyebabkan suara yang dihasilkan terlalu besar dan tidak nyaman, sehingga, pertimbangkan ukuran subwoofer dengan tempat atau bagian di mobil Anda yang ingin dipasangi subwoofer, misalnya di bagian bagasi atau belakang mobil.

Mengulas Tentang Harga Subwoofer dan Kiat Pintar Memilihnya

Kedua adalah tingkat sensitivitas. Tingkat sensitivitas akan berpengaruh pada harga subwoofer. Namun, jenis subwoofer yang besar tidak selalu yang terbaik karena bisa saja memiliki sensitivitas yang rendah. Karena hal tersebut, jika Anda belum terlalu mengerti mengenai sensitivitas subwoofer mobil, sebaiknya tanyakan langsung ke penjualnya terutama jika Anda membelinya secara online.

Ketiga adalah jenis power. Subwoofer memiliki jenis power yang berbeda-beda. Daya subwoofer mobil berpengaruh pada RMS peringkat. Tidak sedikit yang merekomendasikan subwoofer yang memiliki sedikit power dengan tujuan untuk mencegah over powering karena hal tersebut Anda bisa memilih jenis subwoofer berdasarkan pada jumlah dari input data yang dihasilkan amplifier impedansi sub dan juga spesifikasi dari kumparan suara.

Keempat adalah impedansi dan enclosure. Untuk impendasi Anda harus memilih subwoofer sesuaikan antara subwoofer power rating dengan amplifier dan daya ohm yang sama. Sedangkan encloser subwoofer, sebaiknya pilih yang jenis bandpass box, subwoofer sealed atau porting berdasarkan pada ruangan yang tersedia serta jenis subwoofer yang Anda pilih. Karena hal tersebut tidak jarang banyak yang akhirnya memilih paket yaitu subwoofer dan box agar Anda tidak ribet dan kesusahan saat memilih box.

Kelima adalah voice coll-conevoice coils. Hal tersebut disebabkan karena kumparan suara akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Lewat kumparan suara tersebut, maka medan listrik bisa dihasilkan dan menuju ke cone. Subwoofer memiliki jumlah kumparan suara yang berbeda dengan konfigurasi kabel yang berbeda, ada yang termasuk tunggal ganda dan ada yang coil quad suara. Jika sub voice ganda, jenis subwoofer ini memiliki lebih dari satu kumparan suara subs. Sedangkan subwoofer voice coil tunggal memiliki pilihan hookup yang lebih mudah untuk pemasangan kabel baik secara seri atau paralel.

Keenam adalah bahan cone. Harga subwoofer juga bisa dipengaruhi oleh bahan cone yang akan mempengaruhi suara bass. Jika bahan coner berkualitas dan tahan lama, maka bisa menghasilkan suara bass yang bagus. Umumnya, bahan yang dipergunakan adalah polypropylene karena lebih tahan lama namun ada juga yang terbuat dari bahan cone titanium dan bahan yang lainnya. Karena hal tersebut, pertimbangkan bahan cone subwoofer agar bisa lebih tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *