Merancang dan Merencanakan Usaha Peternakan Kecil

By | May 19, 2018

Jika Anda ingin memulai usaha peternakan kecil, Anda mungkin bertanya-tanya apa langkah yang harus diambil terlebih dahulu. Anda mungkin bahkan belum memiliki tanah, tetapi Anda masih berpikir dan merencanakan waktu ketika Anda akan bergerak. Dan menemukan lahan peternakan adalah salah satu langkah penting dalam bisnis peternakan. Hal ini pun menjadi salah satu yang akan Anda ambil setelah mempertimbangkan beberapa faktor lainnya.

Merancang dan Merencanakan Usaha Peternakan Kecil

Pelajari Tentang Beternak

Anda tidak bisa salah memulai dengan langkah ini. Jika Anda baru beternak, pelajari semua yang dapat Anda lakukan dalam waktu yang Anda miliki.

Anda tidak usah tahu segalanya yang perlu diketahui. Cukup beberapa hal harus dilakukan,  serta mempelajari kemungkinan berhasil dan gagalnya. Mungkin tidak akan mudah, tapi nikmatilah prosesnya.

Jika Anda dapat menemukan seorang mentor atau seseorang yang dapat Anda pelajari secara langsung, mungkin di komunitas Anda sekarang atau di mana Anda berharap beternak itu bisa sangat membantu. Jika Anda belum melakukannya, bekerja di sebuah peternakan. Sukarelawan. Dapatkan pengalaman sebelum memulai.

Merancang dan Merencanakan Kebun Anda

Bagian penting dari memulai usaha peternakan Anda adalah menentukan apa yang akan terjadi. Apakah Anda ingin memiliki kebun sayur skala mikro? Apakah Anda berencana untuk menanam hektar jerami untuk petani lain? Mungkin Anda ingin memiliki peternakan yang terdiversifikasi atau operasi skala kecil yang menumbuhkan beragam hewan dan tanaman. Anda bahkan mungkin bertanya-tanya bagaimana memulai sebuah peternakan ekowisata, di mana orang-orang akan datang untuk tinggal melihat cara kerja peternakan Anda dan mungkin bahkan berpartisipasi dalam pekerjaan peternakan.

Tulis Rencana Bisnis

Anda mungkin bertanya-tanya jika Anda perlu sebuah rencana bisnis . Jawaban singkat: jika Anda ingin memulai bisnis, Anda akan membutuhkan rencana bisnis. Dalam penulisan rencana bisnis, Anda akan mempertimbangkan pasar, penawaran dan permintaan, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha peternakan Anda, struktur manajemen, analisis keuangan, produk dan harga.

Anda dapat melakukan siklus antara langkah ini dan langkah sebelumnya, merancang dan merencanakan karena semuanya saling berhubungan. Tetapi rencana bisnis adalah bagian yang cukup signifikan untuk memulai bisnis untuk mengambil langkah menyeluruh. Ini tempat Anda mengambil impian dan brainstorming dan menjadikannya kenyataan.

Baca juga Ide Usaha Makanan yang Patut Anda Coba

Temukan Hibah dan Pinjaman

Anda mungkin tidak memiliki semua modal yang Anda butuhkan untuk mulai bertani pada skala yang Anda inginkan. Anda dapat memulai dari yang kecil, mencelupkan ujung kaki ke dalam air dan melihat bagaimana Anda menikmati bertani dalam skala mikro, menggunakan apa pun yang Anda dapat kumpulkan dari anggaran rumah tangga bulanan Anda untuk berinvestasi di ladang. Tetapi mungkin butuh waktu lama untuk menggunakan metode ini, karena Anda mungkin tidak dapat menginvestasikan jumlah yang signifikan, cukup untuk membawa produk ke pasar. Hibah dan pinjaman yang ditujukan untuk petani muda dan awal ada di luar sana! Bantuan juga tersedia untuk petani yang sudah mapan. Program menawarkan peralatan bersubsidi seperti terowongan tinggi, bantuan dalam sertifikasi organik, dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *