PERTIMBANGAN UTAMA UNTUK MEMULAI BISNIS MAKANAN

By | May 25, 2018

Industri makanan dianggap sebagai salah satu bidang paling menantang dan berisiko tinggi untuk memulai  bisnis. Namun, hal itu tidak menyurutkan antusias antara para pengusaha yang ingin memasuki pasar. Faktanya, industri ritel dan jasa makanan di Indonesia saat ini adalah industri senilai 40 triliun dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

PERTIMBANGAN UTAMA UNTUK MEMULAI BISNIS MAKANAN

Baik Anda memulai layanan makanan atau bisnis ritel, berikut adalah lima pertimbangan utama untuk membantu Anda bersiap menghadapi risiko umum sehingga Anda dapat memasuki pasar dengan langkah terbaik ke depan.

Jadilah beda

Ada tingkat persaingan yang tinggi dalam industri makanan yang merupakan salah satu faktor yang membuat memulai bisnis makanan jadi berisiko tinggi. Penting bahwa Anda menentukan apa proposisi penjualan unik Anda adalah untuk membuat Anda menonjol dari kompetisi. Fokus pada apa yang Anda lakukan dengan baik dan pastikan Anda mengomunikasikan hal ini dalam strategi pemasaran Anda untuk menarik pasar sasaran Anda.

Uji Produk Anda

Uji tingkat penjualan produk Anda dalam skala kecil sebelum Anda melakukan investasi besar seperti menandatangani kontrak atau membeli peralatan utama. Buat produk Anda tersedia di pasar komunitas lokal atau bahkan cobalah mengatur lokasi pop-up. Pelanggan awal Anda akan berfungsi sebagai pasar uji Anda, yang akan memberikan bukti konsep selama tahap perencanaan bisnis Anda.

Uji coba akan memberi Anda wawasan berharga tentang bagaimana produk Anda akan diterima. Ini menyediakan data riset utama untuk membantu Anda menguji strategi utama, seperti penetapan harga, dan merupakan peluang untuk mencari celah-celah potensial dalam operasi Anda.

Memvalidasi produk Anda sangat berharga untuk bisnis apa pun. Namun, bisnis makanan memiliki biaya awal yang signifikan yang menjadikan proses pengujian ini sebagai langkah yang diperlukan untuk setiap pengusaha di industri.

Ketahuilah Peraturan Industri yang Berlaku untuk Anda

Mungkin ada peraturan industri khusus yang berlaku untuk bisnis makanan Anda, selain persyaratan hukum dasar yang berlaku untuk semua bisnis BC. Mulailah dengan memeriksa sumber daya ini untuk menentukan apa yang mungkin diperlukan dari Anda.

Buat Realisasi Arus Kas Realistis

Memiliki cukup uang dapat sangat penting untuk bisnis makanan, karena Anda akan memiliki biaya jauh sebelum Anda mulai menghasilkan pendapatan. Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menutupi pengeluaran tersebut atau Anda mungkin tidak dapat membayar pemasok Anda. Sangat penting bahwa Anda mengidentifikasi dan merencanakan potensi kekurangan sejak dini sehingga Anda dapat menilai apakah Anda perlu mengakses pembiayaan.

Belajar dari Keberhasilan dan Kesalahan Orang Lain

Pertimbangkan untuk mencari mentor di industri makanan. Mereka dapat memberi Anda wawasan berharga untuk memulai dan menjalankan bisnis makanan yang berpotensi menyelamatkan Anda dari kesalahan mahal. Anda dapat mengunjungi MentorshipBC untuk mencari program bimbingan yang relevan yang tersedia di BC.

Baca juga 5 Jenis Usaha Makanan Ini Dapat Anda Rencanakan Untuk Memulainya

Bahkan jika Anda tidak masuk ke dalam program bimbingan formal, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari sekitar diri Anda dengan para penasihat. Ini dapat mencakup orang-orang yang memiliki pengalaman di industri atau profesional yang sama, seperti akuntan dan pengacara. Menghadiri acara jaringan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk bertemu dengan kontak yang relevan di komunitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *