Apa itu Pemasaran Media Sosial?

By | May 26, 2018

Pemasaran media sosial adalah proses pemasaran melalui situs media sosial seperti Twitter, Facebook, dan YouTube. Dengan memanfaatkan aspek sosial dari web, pemasaran media sosial dapat terhubung dan berinteraksi pada tingkat yang jauh lebih pribadi dan dinamis daripada melalui pemasaran tradisional.

Apa itu Pemasaran Media Sosial?

Strategi pemasaran media sosial dapat sesederhana memiliki blog perusahaan, akun Twitter, atau melampirkan tag “Digg This” dan “Tweet This” ke bagian akhir artikel. Ini juga bisa serumit memiliki kampanye lengkap yang mencakup blog, Twitter, jejaring sosial, dan video viral melalui YouTube.

Pemasaran Media Sosial dan Berita Sosial

Bentuk pemasaran media sosial yang paling sederhana adalah dengan menandai artikel dan entri blog untuk kemudahan pengiriman dan pemungutan suara di situs berita sosial seperti Digg . Jika Anda pernah menemukan counter pilihan Digg atau Share Widget ini di akhir artikel, Anda telah melihat bentuk pemasaran media sosial ini beraksi.

Jenis pemasaran ini sering dapat diotomatiskan, jadi mudah untuk diterapkan. Ini juga bisa sangat efektif untuk perusahaan media, dan bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan blog perusahaan.

Pemasaran Media Sosial dan Blog

Dalam banyak hal, blog dapat berfungsi sebagai perpanjangan dari media tradisional. Sama seperti meninjau salinan mungkin dikirim ke outlet media tradisional seperti surat kabar dan majalah, mereka juga dapat dikirim ke blog populer pada subjek.

Blog juga menawarkan kesempatan untuk mengumpulkan ‘tur virtual’. Sebagai contoh, banyak penulis tertarik untuk memiliki tur buku virtual, yang memungkinkan mereka untuk menjangkau penggemar mereka tanpa biaya perjalanan. Tur buku virtual ini dapat mencakup wawancara penulis dan sesi Tanya-Jawab serta ulasan buku dan hadiah buku.

Pemasaran Media Sosial dan Jejaring Sosial

Menjadi semakin penting untuk memiliki kehadiran di situs jejaring sosial seperti Facebook dan MySpace . Selain jejaring sosial populer ini, ada juga banyak jejaring sosial khusus yang mungkin menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan kemah bagi produk-produk tertentu.

Misalnya, seorang musisi mungkin membuat profil di Last.FM dan juga MySpace, sementara film mungkin paling baik dipromosikan melalui Flixster di samping Facebook.

Jejaring sosial tidak hanya memberikan tempat kepada pemasar untuk mengeluarkan kata-kata, mereka juga menyediakan tempat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi satu sama lain. Ini bisa menjadi titik awal yang bagus bagi pemasaran untuk menjadi viral dan mengambil upaya akar rumput.

Pemasaran Media Sosial dan Twitter

Twitter telah mengambil banyak tenaga pada tahun lalu karena menjadi tempat yang bagus untuk pemasaran media sosial. Meskipun Twitter telah berkembang jauh melampaui akar mikroblognya, penting untuk memikirkan Twitter yang mirip dengan blog perusahaan. Sementara tujuan utamanya adalah untuk mengeluarkan kata, itu sama pentingnya untuk menambahkan sentuhan pribadi daripada mengandalkan pada RSS feed untuk memberikan rilis pers basi atau hanya mengulang blog perusahaan.

Baca juga Manfaat menggunakan Media Sosial Untuk Membangun Brand

Selain menumbuhkan sejumlah pengikut, Twitter bisa sangat efektif ketika berinteraksi dengan pelanggan dan penggemar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *