Bisnis Bengkel, Usaha Simple Meski Anda Belum Memiliki Skill

By | June 17, 2018

Motor menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Kemudahan menggunakan transportasi roda dua ini dan harganya yang cukup terjangkau membuat banyak orang berlomba-lomba membelinya. Banyaknya pengguna motor ini bisa Anda jadikan peluang untuk membuka bisnis bengkel. Karena sudah dipastikan penggunanya membutuhkan bengkel untuk merawat kendaraan kesayangannya ini.

Bisnis Bengkel, Usaha Simple Meski Anda Belum Memiliki Skill

Tidak sulit untuk memulainya. Berikut beberapa langkah yang harus Anda persiapkan guna memulai bisnis bengkel, antara lain:

Pilih Tempat Strategis

Pemilihan tempat untuk memulai usaha baru memang sangat penting. Dengan lokasi yang strategis, bengkel Anda akan mudah terlihat dan dilewati banyak orang. Di awal memang modalnya cukup besar untuk menyewa tempat, namun peluang mendapatkan pelanggan yang banyak lebih baik dari pada Anda membuka bengkel di depan rumah. Pertumbuhan bengkel yang Anda dirikan di tempat strategis pun jauh lebih baik.

SDM yang bisa diandalkan

Poin penting selanjutnya untuk bisnis bengkel Anda adalah SDM yang mumpuni. SDM ini merupakan montir-montir yang akan bekerja bersama dengan Anda. Pastikan ia memiliki keahlian dalam bidang otomotif sehingga bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin akan dihadapi dari konsumen yang berdatangan. Untuk meminimalisir biaya, Anda bisa menyiapkan satu montir ahli dan 2 asisten pemula. Sehingga pekerja pemula ini bisa belajar saat bekerja dengan Anda dan meminimalisir pengeluaran di awal.

Pemasok Suku Cadang

Anda bisa mulai mencari supplier suku cadang dengan harga yang terjangkau. Jika sudah memiliki supplier, maka segala kebutuhan suku cadang yang mendukung berjalannya bengkel Anda bisa terpenuhi. Usahakan memilih supplier secara langsung dan bukan merupakan reseller. Karena hal ini juga akan berpengaruh pada harga yang Anda dapatkan. Semakin panjang rantai penjualan itu maka semakin besar pula harga suku cadang yang akan Anda dapatkan.

Promosi

Kegiatan ini bukan merupakan tahap akhir dalam memulai bisnis bengkel. Justru dengan langkah yang satu ini Anda bisa memulai mencari konsumen dengan memperkenalkan dan menawarkan jasa yang Anda miliki. Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Langkah promosi menggunakan sosial media cukup tepat untuk Anda pilih. Satu lagi yang bisa Anda lakukan adalah memberikan promosi-promosi dengan harga khusus bagi calon konsumen Anda. Namun jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan Anda.

Menguasai Teknik Mekanik

Jangan khawatir bagi Anda yang belum memiliki keahlian di dalam dunia mekanik, Anda bisa mempelajarinya secara bertahap sembari menjalankan bisnis bengkel. Anda bisa memperhatikan bagaimana karyawan Anda saat bekerja ataupun dengan ikut ketika menangani masalah yang dihadapi konsumen. Hal ini sebagai langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan jikalau sewaktu-waktu ada karyawan yang tiba-tiba saja mengundurkan diri.

Baca juga: Tips Berguna tentang Cara Efektif Menjalankan Bisnis Bengkel Motor Profesional

Semoga berbagai tips di atas dapat membantu Anda untuk merencanakan bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *