Merintis Usaha Dari Nol, Inilah 4 Pengusaha Sukses yang Inspiratif

By | June 23, 2018

Sebenarnya, banyak orang yang mempunyai niat untuk membuka usaha. Namun, tidak sedikit pula yang ragu untuk memulainya. Alasannya bermacam-macam tetapi masalah modal lah yang sering ditemui. Padahal, deretan pengusaha sukses Indonesia membuktikan bahwa merintis usaha dari nol juga bisa membuahkan kesuksesan. Untuk membuktikannya, simak kisah inspiratif 4 pengusaha sukses berikut, antara lain:

Merintis Usaha Dari Nol, Inilah 4 Pengusaha Sukses yang Inspiratif

Chairul Tanjung

Sebelum sukses dengan perusahaan konglomerasi CT Corp, ‘Si Anak Singkong’ ini pernah merasakan pahitnya kehidupan. Usaha ayahnya mengalami kebangkrutan saat ia masih kecil sehingga keluarganya harus tinggal dirumah kontrakan. Tidak hanya itu, kuliah Chairul di Fakultas Kedokteran Gigi UI juga terancam karena masalah biaya. Namun, justru keadaan tersebutlah yang menumbuhkan naluri bisnisnya. Ia pun memberanikan diri merintis usaha foto kopi sambil berjualan buku stensilan dan kaos di kampus UI. Pengalaman jatuh bangun menjadikannya semakin kuat menekuni bisnis yang dibangun hingga akhirnya berhasil sukses menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Bob Sadino

Tekad Bob untuk menjadi pengusaha telah bulat meskipun sudah 9 tahun bekerja di Badan Usaha Milik Negara. Ia memulainya dengan bisnis sewa mobil hingga menjadi buruh bangunan. Sayangnya, kecelakaan yang ia alami membuat bisnis tersebut jatuh bangkrut. Namun Bob tidak menyerah dan berjualan telur ayam negeri yang dipasarkan dari pintu ke pintu dengan modal berutang kepada tetangganya. Keuletannya membuahkan hasil. Supermarket yang menjual berbagai produk peternakan dan pertanian, Kem-Chicks sukses besar hingga kini meskipun ia telah meninggal.

Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming adalah Putra dari Presiden RI Joko Widodo, yang sebelumnya berprofesi sebagai pebisnis. Meskipun bisnis sang ayah telah sukses, Gibran tidak ingin bergantung pada nama besar ayahnya. Dengan modal pinjaman dari bank, Gibran merintis usaha dari bawah. Pengajuan pinjamannya bahkan sempat tujuh kali ditolak namun Gibran terus berusaha hingga akhirnya salah satu bank mau meminjaminya modal. Modal tersebut ia gunakan untuk membangun usaha katering bernama Chili Pari. Pesanan yang dilayani berawal untuk partai kecil, kini pesanan Chili Pari telah mencapai ribuan porsi sehingga ia memberanikan untuk memperluas bisnis kuliner lainnya.

Susi Pudjiastuti

Ijazah SMP bukan menjadi tolok ukur kesuksesan Susi dalam bisnisnya di bidang perikanan dan penerbangan. Justru Kesuksesan usahanya lah yang membawa beliau menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini. Sebelum lulus SMA Susi memutuskan untuk berhenti sekolah dan beralih menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Modal untuk membeli ikan dari tempat pelelangan ia dapatkan dari menjual perhiasan sebesar Rp 750 ribu. Ikan-ikan tersebut lalu dipasarkan ke sejumlah restoran. Dari tahun ke tahun bisnisnya berkembang, hingga akhirnya ia mengangkut produk laut menggunakan pesawat yang ia beli dari meminjam sejumlah uang ke bank. Dari situlah, ia merambah bisnis pesawat yang melayani rute pedalaman dengan membangun maskapai Susi Air.

Baca Juga: Pemilik Usaha Makanan Indonesia yang Mendunia

Kesimpulan dari kisah 4 pengusaha sukses yang merintis usaha dari nol tersebut adalah bahwa untuk sukses berbisnis tak melulu harus memiliki modal besar. Kuncinya yaitu niat, ketekunan, dan tekad pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *