Siapa Sangka, Ternyata Peluang Bisnis Asuransi Sebesar Ini

By | June 25, 2018

Bisnis asuransi menjadi salah satu peluang usaha dengan potensi sukses yang tinggi. Potensi meraih keuntungannya semakin besar karena orang yang melirik bisnis ini sedikit. Terlebih Bisnis ini memang menjanjikan market yang luas dengan kompetisi yang relatif ringan.

Siapa Sangka, Ternyata Peluang Bisnis Asuransi Sebesar Ini

Kenapa Mengambil Bisnis Asuransi?

Dari total penduduk Indonesia yang sudah memiliki polis asuransi jiwa atas nama sendiri Indonesia masih 4%. Terlebih hampir 60% investor di Indonesia belum memiliki rencana pensiun. Fakta tersebut menunjukkan adanya potensi bisnis asuransi yang lebih besar. Perkembangan industri asuransi juga didukung oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan lebih memprioritaskan program yang mampu menyadarkan pentingnya berasuransi pada masyarakat.

Besarnya Peluang Bisnis Asuransi di Daerah

Hasil survey menunjukkan jika kebanyakan pemegang polis asuransi berada di kota besar sehingga potensi peluang bisnis asuransi untuk kota-kota kecil dan daerah di Indonesia tinggi. Belum meluasnya pemahaman akan pentingnya asuransi bukan berarti menjadi penghalang untuk menjalankan bisnis ini. Karena kondisi tersebut justru menjadi potensi besar bagi Anda untuk menawarkan asuransi.

Mengenal Skema Bisnis di Perusahaan Asuransi

Skema bisnis di perusahaan asuransi adalah sebagai agen yang sifatnya partner kerja bukan model atasan-bawahan. Pekerjaan sebagai agen menjadi milik Anda sendiri sehingga Anda sendiri pula yang menjaga, merawat, dan mengembangkannya. Berbeda dengan jenjang karier pada usaha konvensional, naik jenjang kariernya tidak tergantung dengan orang lain juga tidak memperebutkan satu posisi yang harus bersaing dengan rekan kerja yang lain. Semua memiliki kesempatan yang sama.

Anda Belum Mempunyai Pengetahuan Tentang Keuangan?

Anda tidak perlu khawatir jika belum mempunyai pengetahuan mengenai keuangan karena biasanya agen-agen perusahaan asuransi akan diberi pelatihan (training) dasar tentang pengetahuan produk dan aturan-aturan dasarnya. Tak hanya itu, ada pula training tentang cara menjual sekaligus sharing kondisi di lapangan dengan para leader yang berpengalaman.

Apakah Bisnis Asuransi Aman?

Bisnis asuransi tidak mengenal kata pensiun. Uang dari bisnis ini tidak akan terhambat usia. Perusahaan tidak bisa meminta pensiun selama Anda masih mau bekerja. Namun hal tersebut bukanlah menjadi patokan bahwa Anda harus bekerja hingga usia lanjut karena business director bisa mewariskan bisnisnya kepada anggota keluarga, ahli waris atau orang kepercayaannya.

Bisnis yang Membantu Diri Sendiri dan Orang Lain

Secara tidak langsung Anda juga membantu orang lain untuk menata masa depan keuangannya dengan bisnis ini. Karena jika klien Anda meninggal dunia maka ahli waris terbantu untuk mendapatkan haknya sebagai pemegang polis asuransi. Ahli waris keluarga juga bisa mendapatkan dana segar dari asuransi yang bisa digunakan untuk melanjutkan hidup, misalnya untuk membuka usaha baru.

Baca juga: Buat Rencana Bisnis yang Terperinci Sebelum Membuka Toko Terpercaya Khusus Butik

Melihat besarnya potensi bisnis asuransi di Indonesia bisa menjadi kunci kesuksesan Anda untuk mulai menjalankan bisnis ini. Anda tidak perlu ragu-ragu dan khawatir untuk menjalankannya karena berbagai keuntungan yang bisa didapat dibandingkan dengan bisnis konvensional bisa menjadi nilai tambah untuk memantapkan niat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *