6 rekomendasi Bidang Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

By | June 26, 2018

Bisnis memang telah menjadi alternatif untuk mendapat pemasukan. Namun, perhitungan modal seringkali menjadi penghambat untuk mulai menjalankannya. Maka UKM atau Usaha Kecil Menengah pun menjadi solusi permasalahan tersebut. Banyak contoh UKM di Indonesia yang berhasil dan sukses di pasaran. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut rekomendasi bidangnya yang menjanjikan.

6 rekomendasi Bidang Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Kuliner

Kuliner memang akan selalu dicari setiap orang karena termasuk kebutuhan pokok. Jika Anda mampu mengelola dengan baik Maka bisnis di bidang kuliner tak akan pernah mati. Macam bisnis UKM di bidang kuliner sendiri ada banyak seperti makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Peluang dan prospek seluruh kategori tersebut sama-sama bagus untuk Anda jalankan baik usaha skala besar atau skala kecil (UKM).

Fashion

Selain makanan fashion juga termasuk kebutuhan primer sehingga usaha di bidang fashion juga memiliki peluang sukses yang besar. Terlebih perkembangan mode pakaian saat ini terus mengalami peningkatan. Sehingga bisnis fashion terbagi dalam beberapa jenis. Misalnya kategori fashion pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea dan masih banyak lagi. Brand dari skala kecil yang telah sukses contohnya seperti brand Jilbab Rabbani.

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan bagi manusia menuntut banyak orang untuk mengejar tingkatan yang setinggi-tingginya. Sehingga minat masyarakat untuk memperoleh pendidikan dapat dikatakan tinggi. Mengingat modal Anda yang terbatas maka peluang tersebut dapat diambil dengan membuka pendidikan non formal seperti tempat kursus atau bimbingan belajar (bimbel). Salah satu usaha kecil menengah bidang pendidikan yang sukses adalah Ganesha Operation (GO).

Otomotif

Konsumen otomotif diperkirakan semakin meningkat mengingat pertumbuhan dan perkembangan bidang otomotif di Indonesia yang cukup pesat. Anda bisa memulainya dari kecil dulu dengan menawarkan jasa cuci kendaraan, menjual helm dan perlengkapan berkendara atau juga membuka bengkel dan lain sebagainya. Keberhasilan perusahaan AHRS (Asep Hendro Racing Sport) dapat dijadikan salah satu contoh yang mengawali karirnya dengan Usaha Kecil Menengah.

Agrobisnis

Agrobisnis merupakan usaha di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Anda tinggal membeli bibit tanaman atau hewan yang harganya terjangkau untuk dirawat pada lahan yang dimiliki. Anda bisa memperoleh keuntungan dari hasil panennya yang bisa berupa padi, sayur-mayur, buah-buahan untuk hasil peternakan berupa daging, telur atau susu. Produk-produk hasil UKM agrobisnis tersebutlah yang selalu dicari oleh konsumen. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan pangsa pasarnya dan hanya perlu fokus pada kualitas produk yang dihasilkan. Kesuksesan kemchick milik Bob Sadino bisa dijadikan salah satu contoh bisnis agrobisnis yang berhasil.

Teknologi Internet

Zaman yang serba canggih memungkinkan UKM untuk menyasar bisnis digital berbasis teknologi internet atau biasa dikenal bisnis “startup”. Bisnis ini semakin menguntungkan karena kebutuhan informasi, hiburan dan layanan dari publik yang semakin besar. Anda bisa memulainya dengan menyediakan aplikasi atau situs buatan sendiri dengan server yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Jenis bisnis berbasis digital internet (startup) yang Anda jalankan bisa dipilih sesuai kebutuhan mislanya #eCommerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Contoh bisnis startup yang telah sukses di Indonesia adalah kaskus.

Baca juga: Berita Online Seputar Stategi Meningkatkan Penjualan Usaha Kelas Menengah

Meskipun referensi diatas menjanjikan, sebagai pengusaha agar bisnis Usaha Kecil Menengah yang dijalankan lebih sukses Anda juga harus berusaha, berjuang, bekerja keras serta pantang menyerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *