6 Modal Usaha yang bisa Diperoleh Selain dari Pinjaman Bank

By | June 28, 2018

Modal usaha menjadi hal pertama yang harus ada saat membangun sebuah bisnis. Rencana bisnis yang Anda buat hanya akan menjadi mimpi tanpa adanya modal. Mengajukan pinjaman kepada bank dan menggunakan kartu kredit menjadi andalan untuk mencari modal. Padahal banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapat modal seperti yang direkomendasikan berikut, antara lain:

6 Modal Usaha yang bisa Diperoleh Selain dari Pinjaman Bank

Menggunakan Uang Tabungan

Tabungan pribadi menjadi salah satu sumber modal termudah yang bisa Anda. Selain mudah, penggunaan tabungan juga minim risiko karena bebas bunga pinjaman maupun biaya tambahan lainnya. Hal ini menjadi alternatif yang efektif saat usaha belum balik modal. Anda bisa mulai mencoba mengumpulkan pemasukan ke dalam tabungan khusus yang nantinya digunakan untuk modal usaha dari sekarang.

Menggunakan Aset Pribadi

Terkadang Anda memang harus mengorbankan sesuatu untuk mewujudkan impian. Aset-aset pribadi yang Anda miliki bisa menjadi sumber modal entah itu dijual maupun digadaikan. Jadi, mulailah untuk mendaftar aset-aset yang dimiliki.  Pilih yang bernilai jual tinggi yang sekiranya jarang atau bahkan tidak digunakan lagi. Dengan begitu bisnis usaha yang Anda rencanakan bisa mendapatkan modal tambahan yang cukup.

Dana Hibah Perusahaan

Program dana hibah bagi pebisnis baru biasanya terdapat pada beberapa perusahaan. Salah satu bentuknya adalah CSR atau Corporate Social Responbilinty. Saat ini dana hibah memang sedang tren sebagai usaha pengembangan UKM-UKM di Indonesia. Penyaluran umumnya dalam bentuk kompetisi usaha. Sehingga Anda harus mulai menyiapkan profil bisnis semenarik mungkin jika ingin mendapatkan dana ini, agar dapat dilirik perusahaan-perusahaan yang memberikan dana hibah.

Modal Patungan atau Kongsi

Salah satu cara efektif mendapat modal dalam jumlah besar adalah dengan modal patungan. Sistem yang berlaku adalah mengenai pembagian hasil keuntungan yang didapat pada para pemilik modal. Jumlah modal yang ditanamkan mempengaruhi besar kecilnya keuntungan yang diperoleh kelak. Kelebihan sistem ini adalah bebas bunga pinjaman. Sebaiknya Anda mencari kongsi dari kerabat ataupun teman terdekat yang bisa dipercaya.

Mengikuti Pelatihan

Lembaga pemberdayaan ekonomi juga bisa dijadikan solusi bagi Anda. Karena umumnya lembaga-lembaga ini sering mengadakan training, workshop, ataupun pelatihan untuk berbisnis. Biasanya akan diberikan informasi mengenai akses untuk modal usaha setelah mengikuti training. Lembaga-lembaga yang mempunyai agenda seperti ini misalnya Penyalur Kredit Usaha rakyat atau Organisasi Buruh PBB.

Baca juga: Memahami Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Modal Kecil Pelatihan Komputer

Melalui Situs Crowdfunding

Anda juga bisa mendapat modal untuk menjalankan bisnis dengan memanfaatkan Kecanggihan internet. Berbekal laptop dan koneksi internet, Anda bisa mendapatkan modal yang diinginkan melalui situs crowdfunding yang sistemnya sama dengan sponsorship. Dalam sebuah situs Anda menawarkan usaha lalu pengunjungnya akan menjadi sponsor jika berminat pada usaha yang ditawarkan. Anda bisa memberi reward pada para sponsor-sponsor tersebut sebagai gantinya dalam berbagi bentuk seperti yang telah dijelaskan pada situs tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *