5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Waralaba

By | June 30, 2018

Usaha waralaba bisa dijalankan oleh semua orang termasuk ibu rumah tangga hingga mahasiswa. Usaha yang biasanya tidak memakan banyak modal ini juga dapat dilakukan di rumah. Intinya sebenarnya tidaklah sulit untuk memulai usaha ini. Namun untuk sampai pada kesuksesan Anda harus tetap bekerja keras dan berpikir kreatif. Untuk membantu mewujudkannya, berikut hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha ini.

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Waralaba

Sesuaikan Dengan Minat

Minat yang tinggi dan tekad dalam memulai usaha apapun tentu berperan penting. Terkadang memang usaha yang dijalankan berdasarkan minat akan mempunyai potensi sukses lebih besar dari yang tidak didasari minat. Karena jika Anda memiliki minat, rasa senang akan mengisi jalannya bisnis Anda. Misalnya Anda pecinta kopi maka daripada membuka waralaba jenis salon akan lebih baik jika Anda membuka gerai usaha untuk café dan sejenisnya yang berhubungan dengan kopi.

Siapkan Mental

Banyaknya orang yang bergerak di bidang waralaba menuntut adanya kesiapan mental yang baik saat memulai usaha ini. Jika Anda belum siap secara mental tidak menutup kemungkinan Anda putus asa menghadapi ketatnya persaingan. Memulai usaha ini juga berpotensi untuk gagal. Untuk itu persiapkan mental Anda untuk kemungkinan terburuk yang akan dihadapi. Apabila Anda gagal segeralah bangkit dan pelajari hikmah dari kegagalan tersebut.

Pelajari Waralaba yang Dipilih

Sebaiknya Anda juga mempelajari seluk beluk usahanya terlebih dahulu saat memilih jenis usaha waralaba. Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat Anda. Lebih baik lagi jika pilihan Anda jatuh pada usaha dengan jam terbang tinggi yang telah teruji waktu. Setidaknya usaha yang demikian dapat mengurangi risiko kegagalan.

Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan berikut saat mempelajari usaha pihak franchisor, seperti:

  • Berapa modal yang diperlukan?
  • Ada dimana saja Cabangnya?
  • Apa saja fasilitas yang diberikan oleh pemilik usaha?
  • Bagaimana Model bagi hasil serta fee royalty yang wajib dibayar ke pemilik usaha.

Anda perlu mempelajari peraturan pemerintah No 42 tahun 2007 untuk meyakinkan perjanjian dilakukan dengan baik dan benar.

Pilih Tempat Usaha yang Tepat

Anda harus menentukan tempat usaha yang dipilih apakah akan menyewanya atau membeli. Berapa biaya yang dihabiskan serta perhatikan kestrategisan lokasinya. Jika Anda memutuskan untuk menyewa, maka pastikan perhitungan keuntungan agar cukup untuk terus membayar sewa.

Baca juga: Ciri Bisnis Terpercaya dengan Sistem Waralaba

Pikirkan Promosi Tambahan

Memang reputasi dan nama besar waralaba tersebut secara tidak langsung membantu usaha Anda. Namun tidak ada salahnya Anda melakukan promosi tambahan dengan memanfaatkan sosial media seperti Twitter atau Facebook. Anda juga bisa melakukan promosi dengan memperkenalkan usaha pada teman-teman dengan mengundangnya untuk mendapatkan makanan atau servis gratis. Meskipun Anda perlu pengeluaran tambahan untuk melakukannya tetapi hal tersebut bisa digunakan sebagai ajang promosi kepada orang-orang lain dimulai dari mulut ke mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *