4 Pilihan Bisnis Sampingan Sebagai Penambah Penghasilan

By | July 4, 2018

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat dengan harga yang melaju pesat membuat sebagian orang berfikir untuk mencari jalan keluar. Banyak orang yang memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan hidup. Sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi apabila mencari tambahan penghasilan dengan pekerjaan sampingan. Berikut ini 4 bisnis sampingan yang patut Anda coba untuk memperoleh tambahan penghasilan:

Reseller

Bagi sebagian orang menginginkan bisnis sampingan dengan modal yang sedikit. Salah satu pekerjaan yang dapat dicoba adalah dengan menjadi reseller. Reseller merupakan pekerjaan yang memperjualbelikan barang orang tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Apabila Anda menjadi seorang reseller maka harus mencapai terget keuntungan yang sudah ditetapkan. Jika target tersebut tercapai maka Anda akan mendapatkan komisi yang sudah dijanjikan.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang menguasai ilmu marketing dengan cukup baik karena akan mempermudah dalam mencapai target. Selain itu pekerjaan sampingan ini dapat dilakukan ketika Anda di rumah ataupun sewaktu sedang istirahat di kantor. Anda hanya bermodalkan laptop ataupun smartphone dengan koneksi internet yang lancar.

Menjual Makanan ataupun Minuman

Apabila Anda memiliki hobi memasak dapat menyalurkan hobi dengan berbisnis jualan makanan ataupun minuman. Anda dapat membuat kue-kue kering untuk dijual melalui media sosial. Mulailah dengan menawari beberapa teman untuk mencicipi kue yang sudah dibuat. Jika mendapatkan respon yang baik maka Anda dapat memperjualbelikannya ke khalayak ramai.

Anda juga dapat membuat minuman seperti es potong yang dapat dititipkan di warung-warung terdekat. Mulailah mengasah kemampuan berdagang yang dimiliki agar memiliki penghasilan tambahan. Tidak ada salahnya memulai bisnis sampingan dengan modal yang relatif sedikit seperti dengan berjualan makanan ataupun minuman.

Les Privat

Banyak mahasiswa yang menawarkan jasa les privat demi mendapatkan uang saku tambahan. Dengan demikian jasa les privat banyak dijadikan bisnis sampingan oleh beberapa orang. Anda dapat menawarkan jasa les privat dengan memanfaatkan berbagai media sosial untuk promosi. Pilihlah waktu mengajar les privat pada malam hari ketika Anda memiliki waktu luang agar tidak berbenturan waktu kerja di kantor. Jika Anda sudah memiliki banyak modal tidak ada salahnya membuka bisnis bimbingan belajar. Anda dapat mencari mahasiswa yang berkompeten dalam bidangnya sebagai pengajar.

Baca juga: 9 Ide Usaha Sampingan yang Dapat Anda Tekuni Para Pensiunan

Desain grafis

Pekerjaan sampingan ini cocok bagi Anda yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan kantor, Anda dapat mengambil pesanan lain seperti mendesain undangan, desain logo ataupun maskot dan juga baju. Tawarkan jasa desain yang dapat Anda kerjakan melalui beberapa teman maupun anggota keluarga yang lainnya. Beberapa jasa desain yang banyak dicari yaitu desain kartu nama, desain interior maupun desain undangan pernikahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *