4 Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Asisten Rumah Tangga

By | July 7, 2018

Di kota-kota besar seperti di Jakarta, Surabaya maupun kota-kota lainnya kebutuhan akan jasa asisten rumah tangga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jangan salah, jasa Asisten Rumah Tangga ini bukan hanya dibutuhkan di dalam negeri. Namun, untuk penyaluran di luar negeri, jasa ini sangat dibutuhkan. Biasanya, negara yang membutuhkannya seperti Malaysia, Hongkong dan berbagai negara lainnya. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis jasa penyalur asisten rumah tangga sebaiknya simak beberapa tips berikut ini:

4 Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Asisten Rumah Tangga

Membentuk Badan Usaha dan Juga Izin Usaha

Apabila Anda memiliki keinginan untuk membuka bisnis jasa penyalur asisten rumah tangga tidak ada salahnya membentuk sebuah badan usaha dengan izin kerja dari pemerintah. Hal ini bertujuan untuk memperoleh legalitas hukum sehingga dapat dipercaya oleh banyak orang. Legalitas suatu badan usaha bertujuan untuk mencegah masalah dikemudian hari yang akan sangat merepotkan.

Anda dapat membuat permohonan pendirian badan usaha di Dinas Tenaga Kerja. Namun, pastikan Anda sudah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan untuk membuka suatu badan usaha. Anda dapat memperoleh informasi persyaratan membuat badan usaha di website Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Jangan sampai, Anda harus membuang waktu yang lama karena persyaratan yang kurang lengkap.

Membuka Kantor Di Tempat Strategis

Ketika Anda sudah memiliki sebuah badan usaha dan juga izin operasi untuk mendirikan bisnis jasa penyalur asisten rumah tangga pilihlah lokasi kantor yang strategis. Bangunan kantor usaha yang digunakan haruslah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai sehingga dapat digunakan oleh para calon tenaga kerja sebelum disalurkan. Pilihlah tempat dengan bangunan yang layak huni namun jangan memilih bangunan yang terlalu mewah. Pilihlah bangunan yang sederhana saja namun dapat menampung seluruh calon tenaga kerja. Tempat ini nantinya akan digunakan sebagai tempat pembekalan para calon tenaga kerja.

Memilih Sumber Daya Manusia yang Kompeten

Sebuah bisnis jasa penyalur asisten rumah tangga tidak akan sukses apabila tidak memiliki sumber daya manusia yang kompeten. Anda harus memastikan semua calon tenaga kerja yang disalurkan memiliki kompetensi yang handal dalam bidangnya. Jangan sampai Anda menyalurkan asisten rumah tangga yang tidak memiliki kemampuan sedikitpun karena hal ini akan berpengaruh terhadap badan usaha yang dimiliki.

Baca juga: Referensi Berbagai Bisnis Jasa yang Bisa Anda Mulai

Memperhatikan Latar Belakang Calon Tenaga Kerja

Saat perekrutan calon tenaga kerja sebaiknya Anda memiliki tahapan ataupun kriteria khusus. Beberapa tahapan yang harus dilalui diantaranya tes wawancara dan juga tes administratif cv dari para pelamar. Anda harus memperhatikan latar belakang, status, pendidikan dan juga data diri dari para calon tenaga kerja yang akan direkrut ke dalam badan usaha yang dimiliki. Pastikan Anda tidak salah pilih dan jangan sampai terkecoh dengan orang-orang yang tidak memiliki kemampuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *