Seperti apa Perkembangan Uang Digital Masa Kini?

By | July 8, 2018

Perkembangan teknologi keuangan mulai merambah layanan keuangan bahkan hingga ke sistem pembayaran global. Perkembangan cryptocurrency di akhir-akhir tahun ini berkembang sangat pesat dan agresif terbukti saat ini Fundstrat Global mencatat bahwa terdapat 630 uang digital yang beredar di pasaran.

Seperti apa Perkembangan Uang Digital Masa Kini?

Pengertian Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan sebuah mata uang digital di mana transaksinya dapat dilakukan dalam jaringan online atau jaringan internet. Perkembangan cryptocurrency dimulai sejak kurang lebih sepuluh tahun yang lalu. Berbeda dengan uang kertas yang dapat dicetak cryptocurrency dirancang dengan memecahkan beberapa soal matematika berdasarkan kriptografi. Soal-soal matematika ini terbilang cukup sulit untuk diselesaikan. Cryptocurrency yang pertama kali ditemukan bernama Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto dan langsung memperoleh kesuksesan. Nilai tukar cryptocurrency ini ditentukan oleh seberapa rumit proses penciptaannya melalui rumus matematika. Semakin sulit soal yang dipecahkan maka akan memiliki nilai tukar yang semakin tinggi.

Cara Cryptocurrency Bekerja

Satoshi Nakamoto berhasil menemukan sebuah sistem yang sangat revolusioner. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah transaksi mata uang dalam bentuk digital terdesentralisasi. Sistem uang terdesentralisasi yang dimaksud adalah sebuah jaringan yang dapat menghubungkan para penggunanya tanpa adanya seorang perantara atau pihak ketiga atau seperti perbankan ataupun pemerintah. Hanya bermodalkan sebuah ponsel pintar yang berbasis Android atau laptop yang sudah terhubung dengan jaringan internet, Anda sudah dipastikan dapat mengirim ataupun menerima uang dari seluruh penjuru dunia. Salah satu hal menarik dari sistem revolusioner ini dapat dilakukan kapan saja di mana saja dengan siapa saja. Transaksi tersebut tidak dipengaruhi oleh hari kerja bank ataupun hari kerja yang ditetapkan pemerintah.

Mekanisme Blockchain

Salah satu platform mata uang digital dapat dijalankan adalah dengan menggunakan blockchain. Cryptocurrency bila kita melihat dari susunan kata yang dimilikinya mempunyai arti kesepakatan pengguna dengan proses penyimpanan menggunakan sandi yang tak mudah dipecahkan. Teknologi blockchain ini bertujuan untuk mengatur dan juga menjaga setiap penambahan data yang dimasukan dan dengan otomatis tersimpan pada tiap-tiap blok.

Blok-blok yang menyimpan data tersebut seketika akan terhubung satu sama lain dengan membentuk suatu jaringan terdesentralisasi atau yang biasa disebut dengan peer to peer Networks (P2P). Dalam platform blockchain, setiap data yang telah dimasukkan dan juga telah disimpan atau dicatat tidak dapat di sunting maupun dipalsukan. Sehingga sudah dipastikan akan sangat aman dan sangat rahasia.

Baca juga: Situs Web yang Dapat Anda Gunakan Untuk Menghasilkan Uang Online.

Pemanfaatan Mata Uang Digital

Cryptocurrency dapat dimanfaatkan dalam 3 kegiatan di bawah ini:

  1. Menjual Belikan Bitcoin Pada Bursa Pasar: kegiatan ini akan memberikan keuntungan bagi para pemula maupun profesional.
  2. Pengeluaran Personal: Anda dapat menggunakan mata uang digital untuk bertransaksi membeli barang apapun.
  3. Penggalangan Dana Masal: Anda dapat memberikan donasi pada komunitas tertentu yang sedang melakukan kegiatan penggalangan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *