Mencoba Usaha Makanan? Berikut Tips Ampuh Mendatangkan Pelanggan

By | July 11, 2018

Anda memiliki usaha makanan dan bingung cara mendatangkan pelanggan? Tidak perlu khawatir, karena di artikel ini akan dibahas cara-cara ampuh yang terbukti bisa mendatangkan pelanggan. Cara-cara ini lebih sering dikenal dengan istilah promosi. Setelah membangun usaha, Anda juga harus menyusun strategi promosi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk mendatangkan pelanggan.

Mencoba Usaha Makanan? Berikut Tips Ampuh Mendatangkan Pelanggan

Menyebarkan Selebaran

Cara ini terbilang cukup umum dan ampuh. Kita bisa memperkenalkan produk kita dengan membuat serta menyebarkan selebaran kepada masyarakat umum. Selebaran tersebut usahakan didesain yang menarik agar tidak berakhir dibuang oleh pelanggan. Di dalamnya juga cantumkan menu andalan yang Anda jual. Satu hal lagi adalah alamat serta kontak tempat usaha Anda.

Memanfaatkan Momentum

Risiko dari usaha makanan adalah biasanya tidak setiap hari Anda akan didatangi oleh pelanggan. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan momentum yang ada, seperti mengikuti kegiatan bazar atau event-event , pasar malam dan momen perayaan lain. Dengan ini Anda akan mendapatkan pelanggan baru yang. Sebagai contoh pada acara nasional khusus seperti hari kemerdekaan, lebaran dan natal. Pada momen tersebut Anda bisa menawarkan diskon untuk menarik pelanggan.

Baca juga: 4 Pilihan Bisnis Sampingan Sebagai Penambah Penghasilan

Promosi Lewat Media Sosial

Dewasa ini media sosial berhasil memberikan efek pada segala bidang usaha, salah satunya adalah usaha makanan. Promosi ini pun terbilang murah karena kita hanya bermodalkan koneksi internet serta skill promosi yang baik. Anda bisa memposting makanan yang Anda jual di laman media sosial dengan memberikan informasi lengkap tentang bahan dan jenis makanan tersebut.

Bekerjasama Dengan Agen Perjalanan

Jika kebetulan di daerah Anda ada banyak agen perjalanan, kenapa tidak mencoba bekerjasama saja? Sebuah agen perjalanan biasanya memberikan menyediakan info lokasi penjual makanan kepada para turisnya. Anda pun bisa memberikan komisi sebagai imbalannya.

Memasang Plang Merek Usaha

Salah satu yang paling penting adalah lokasi plang merek usaha Anda. Pelanggan biasanya akan melihat sisi jalan untuk mencari informasi lokasi usaha, jadi usahakan letakkan plang di beberapa titik jalan raya agar pelanggan tahu lokasi usaha makanan Anda.

Cara Mendapatkan Pelanggan Tetap

Setelah berhasil menarik pelanggan dengan berbagai cara di atas, tentu ada hal yang perlu dilakukan agar kunjungan pelanggan tersebut bisa berlangsung secara terus menerus. Diantaranya adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Menjaga kualitas makanan
  • Menjaga kebersihan lingkungan usaha makanan
  • Memberikan pelayanan maksimal
  • Memberikan diskon pada pelanggan lama
  • Menyediakan fasilitas umum seperti toilet dan tempat ibadah sehingga pelanggan kerasan

Jika Anda menjalankan semua cara di atas dengan benar, maka pelanggan pun akan datang dengan sendirinya. Satu lagi yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi usaha Anda. Karena akses yang mudah tentu menjadi faktor utama ramainya pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *