Tips Jualan Online Via Marketplace biar Laris Manis

By | July 11, 2018

Seiring berkembangnya teknologi digital, semakin memberi kemudahan bagi masyarakat dalam dunia bisnis. Bisnis yang biasanya dikelola melalui media sosial, kini dapat dikelola melalui marketplace. Marketplace merupakan sebuah sarana jual-beli online yang cukup aman dalam melakukan transaksi. Anda bisa menjual berbagai variasi produk di marketplace, sehingga konsumen dapat memilih produk sesuai yang diinginkan. Dalam mengembangkan bisnis online, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace. Adapun tips jualan online lewat marketplace, antara lain:

Tips Jualan Online Via Marketplace biar Laris Manis

  1. Menyiapkan Produk yang Akan Dijual

Dalam melakukan bisnis online, pastinya Anda perlu mempersiapkan produk apa saja yang akan dijual. Jika bisnis Anda bergerak di bidang kosmetik, Anda perlu mempersiapkan berbagai jenis kosmetik dengan lengkap. Kunci utama supaya bisnis Anda diminati para konsumen yaitu ciri khas dan keunikan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan produsen produk tersebut. Hal ini bertujuan supaya ketika produk yang dijual sudah habis, Anda bisa me-restock produk dengan cepat, sehingga konsumen tak perlu menunggu lama ketika order barang.

  1. Mengenali Kebutuhan Konsumen

Tips jualan online yang berikutnya yaitu Anda perlu mengenali terlebih dahulu kebutuhan para konsumen. Sebagai contoh, kebutuhan perempuan pasti berbeda dengan kebutuhan laki-laki. Jika perempuan membutuhkan kosmetik untuk mempercantik wajahnya, para laki-laki cukup membutuhkan pomade untuk merapikan tampilan rambutnya. Sebisa mungkin, Anda harus menetapkan target pasar yang jelas supaya dapat menentukan spesifikasi produk yang akan dijual, sehingga produk yang akan dijual tersebut dapat laris manis di pasaran karena sesuai dengan minat konsumen.

Baca juga: Tips Jualan Online di Instagram agar Online Shop Anda Tak Sepi Pelanggan

  1. Melihat Kekuatan Pesaing

Dalam dunia bisnis, Anda akan menjumpai banyak penjual lain yang menjadi pesaing Anda. Pesaing Anda tersebut, tak hanya berjumlah satu orang, bahkan bisa ratusan orang. Sebisa mungkin, Anda mencari tahu kekuatan bisnis para pesaing, sehingga Anda bisa membandingkannya dengan kekuatan bisnis Anda. Tips jualan online yang satu ini perlu Anda perhatikan. Untuk memenangkan pasar, Anda harus bisa menciptakan strategi bisnis yang berbeda dari para pesaing lainnya sehingga, bisnis Anda bisa tetap berjalan dengan lancar.

  1. Menjual Produk yang Berkualitas

Tips jual online yang satu ini juga harus Anda perhatikan sebagai seorang pebisnis. Secara umum, barang yang berkualitas pasti memiliki nilai harga yang lebih mahal ketimbang barang yang biasa-biasa saja kualitasnya. Namun, hal ini kerap kali menjadi pertimbangan bagi para konsumen. Meskipun begitu, Anda harus menjual produk dengan harga yang sesuai dengan kualitas barang tersebut sehingga, apabila produk yang Anda jual mahal dan berkualitas, para konsumen akan merasa puas dan percaya jika berbelanja di toko online Anda.

  1. Menuliskan Deskripsi Produk serta Foto yang Jelas dan Sesuai.

Bagi Anda para pebisnis, tips jualan online yang satu ini juga berpengaruh dalam bisnis Anda. Sebisa mungkin, Anda menuliskan deskripsi produk secara lengkap dan detail sehingga, konsumen merasa jelas dengan spesifikasi produk tersebut. Ditambah lagi, gunakan foto atau gambar produk yang real atau asli. Jangan mengambil foto dari internet, hal ini bertujuan agar konsumen bisa lebih mempercayai toko Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *